Kuliner

Enak dan Lembut, Ini Dia Resep Kue Nastar untuk Lebaran Nanti!

BISNISBANTEN.COM – Siapa sih yang tak tahu dengan kue nastar, nastar merupakan kudapan atau kue khas yang disajikan tiap hari raya raya Idul Fitri maupun acara besar lainnya untuk suguhan para tamu yang bersilaturahmi ke rumah.

Kue ini juga dikenal dengan ciri khas isiannya yang berupa selai nanas. Walaupun demikian, seiring berkembangnya zaman, kue ini juga hadir dengan isian yang beragam mulai dari stroberi, cokelat dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Anda yang ingin membuat kue nastar untuk suguhan nanti, berikut resepnya.

Advertisement

1. Siapkan Bahan

Pertama, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat kue nastar mulai dari margarin untuk olesan, 750 gram nanas kupas untuk selai, 750 gram nanas kupas, 4 butir cengkih, 7 cm kayu manis dan 150 gram gula pasir.

Selain itu, siapkan juga untuk bahan kue nastar bagian luarnya seperti 150 gram mentega tawar, 100 gram margarin, 75 gram gula bubuk, 1 kuning telur, seperempat sendok teh vanili bubuk, 350 gram tepung terigu, 50 gram keju edan dan parut halus.

Sedangkan untuk bahan olesannya siapkan 1 kuning telur dan 1 sendok teh susu cair di kocok rata.

Advertisement

2. Cara Pembuatan

Jika bahan sudah disiapkan, saatnya tips cara membuatnya :

Untuk bahan selai, parut nanas kupas yang sudah disiapkan. Kemudian masak dengan dicampur cengkeh dan kayu manis di atas api sedang sambil diaduk hingga cairannya berkurang. Jika sudah, tambahkan gula sabil diaduk sampai mengental dan cairannya habis, lalu angkat dan dinginkan.

Untuk cara membuat bagian kue nastar luar atau kulitnya, caranya kocok mentega, margarin dan gula dengan menggunakan mikser dengan kecepatan sedang sampai tercampur.

Jika sudah tercampur, kurangi kecepatannya lalu tambahkan telur dan vanili sambil dikocok sebentar hingga rata lalu diangkat. Jika sudah, masukkan tepung terigu secara bertahap, tambahkan keju lalu aduk rata dengan spatula.

Tahap selanjutnya, jangan lupa panaskan oven pada suhu 130 derajat Celcius. Oleskan juga loyang kue kering dengan margarin.

Ambil ± 1 sdt adonan, bentuk bulat seperti kelereng, pipihkan. Taruh 1 bulatan selai di tengahnya, bulatkan kembali adonan hingga selai tertutup. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

Kemudian, taruh bulatan adonan di atas loyang, dan jangan lupa untuk memberi jarak sekitar 3 cm agar tidak saling menempel. Olesi permukaannya dengan campuran kuning telur. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga kuning kecokelatan (± 25 menit), angkat.

Pindahkan kue di atas rak kawat, biarkan hingga dingin. Kue Nastar pun siap untuk dihidangkan untuk menu Lebaran. Semoga bermanfaat. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA