EkonomiUMKM

Dorong UMKM Lokal, Geopark Rinjani-Lombok Manfaatkan Platform Bhinneka 

BISNISBANTEN.COM — Sebagai e-commerce yang aktif mendampingi masyarakat dalam proses transformasi digital di seluruh Indonesia, sinergi aktif terjalin antara Bhinneka dan berbagai komunitas, institusi pendidikan, hingga badan dan pemerintah daerah. Kali ini, Bhinneka digandeng oleh Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark (UGGp) atau Geopark Rinjani-Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) guna mendorong UMKM lokal untuk go digital. Terlebih para pelaku UMKM binaan di lingkup Geopark Rinjani-Lombok, saat ini tengah menghadapi peluang perluasan pasar seiring perkembangan pariwisata di Rinjani, Lombok, Mandalika, dan NTB pada umumnya.

Selain dikenal memiliki warisan alam yang indah, Geopark Rinjani, Lombok juga memiliki ratusan UMKM yang berpotensi untuk dipasarkan secara nasional. Oleh karena itu, melalui peresmian kerja sama antara PT Bhinneka MentariDimensi (Bhinneka) dan Geopark Rinjani yang digelar Rabu (23/2) kemarin di kota Mataram, Bhinneka siap bidik 600 UMKM lokal melalui program pendampingan, pelatihan, serta kerja sama pemanfaatan teknologi.

Sinergi yang difasilitasi oleh Bhinneka menggunakan teknologi platform bisnis. Produk UMKM asal Rinjani, Lombok yang sudah terkurasi akan tersedia lebih luas, bahkan bisa untuk memenuhi permintaan korporasi maupun pengadaan pemerintah. Ini merupakan bentuk komitmen serta inovasi Bhinneka sebagai Business Super Ecosystem untuk memberikan kesempatan pada pelaku UMKM Tanah Air on-board di platform e-commerce terutama yang fokus pada segmen B2B dan B2G.

Advertisement

“Kami menyadari bahwa banyak pelaku UMKM di Indonesia memerlukan pendampingan, baik secara teknologi maupun asistensi lainnya untuk bisa lebih siap menghadapi pasar yang lebih luas. Karena itu melalui kerja sama ini, kami bersama pihak Geopark Rinjani-Lombok berharap bisa menjadi kunci transformasi digital bagi kemajuan yang berkelanjutan. Khususnya membawa produk UMKM Rinjani ke pasar nasional,” ucap Head of Business Bhinneka, Dennis Kumara.

Sejalan dengan itu, General Manager Geopark Rinjani, Mohamad Farid Zaini menyebut kerja sama ini akan mempermudah promosi, penjualan, hingga transaksi produk produk UMKM asal Rinjani. “Kerja sama ini merupakan suatu usaha dan respons positif untuk pengembangan UMKM lokal, di mana program ini mampu mempermudah program penjualan produk yang biasa dilakukan secara manual, tapi kini secara digital sehingga cakupan pasar lebih besar, yakni berskala nasional,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Farid menambahkan bahwa potensi besar yang dimiliki oleh UMKM asal Rinjani termasuk dapat meningkatkan jumlah UMKM lokal layak on-board di platform digital. Terlebih kolaborasi teknologi semacam ini termasuk yang pertama terjalin antara pengelola Geopark dan pelaku industri ekonomi digital.

Adapun selain peresmian kerja sama yang berlangsung secara hybrid dari kota Mataram dan Jakarta, kegiatan juga diisi dengan pelatihan teknologi dan platform digital kepada sejumlah pelaku UMKM yang hadir. Berlokasi di salah satu Creative Hub setempat, Bhinneka membagikan wawasan tentang Digital Marketing serta pemanfaatan teknologi e-Marketplace dalam bisnis UMKM.

Advertisement

Sementara itu, sebagai pionir e-commerce yang telah menjadi mitra pemerintah, Bhinneka mengkurasi para pelaku UMKM untuk bisa hadir di platform Belanja Langsung (BeLa) Pengadaan. Tercatat saat ini, sudah ada lebih dari 2 ribu UMKM yang didampingi, termasuk UMKM binaan pemerintah daerah, UMKM mahasiswa, dan UMKM di lingkungan perguruan tinggi agar berkesempatan memasuki segmen B2B maupun B2G.

Sebagai informasi, Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB telah ditetapkan menjadi Geopark oleh UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2018 lalu. Rinjani dikenal sebagai wilayah tempat pelestarian warisan dunia yang didasarkan pada keragaman geologi (geodiversity), keragaman hayati (biodiversity), serta keragaman budaya (cultural diversity), yang tidak hanya menjadi tempat konservasi tetapi juga sebagai sarana ilmu pengetahuan serta pengembangan ekonomi masyarakat sekitar melaui geowisata. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com