Ekonomi

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, BI Banten Gelar Webinar Banten Economic Forum

BISNISBANTEN.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menggelar webinar Banten Economic Forum Seri I – 2021 via zoom meeting pada Selasa (23/3). Acara ini menghadirkan empat pembicara antara lain Dirjen Kementerian Perindustrian RI, Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi Banten, Asosiasi Sepatu Indonesia, dan Ekonom Provinsi Banten.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, webinar BEF ini sebagai upaya BI Banten untuk mendengar masukan dari mitra dan stakeholder agar bisa mendorong optimisme dan akselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten. “Pada 2021 ini perekonomian di Provinsi Banten diproyeksikan tumbuh lebih baik dari 2020 lalu. Rasa optimisme ini didukung adanya perbaikan diberbagai sektor perekonomian dan perekonomian global juga yang pulih lebih cepat seperti AS, Tiongkok, dan India,” katanya.

Menurutnya, setidaknya ada lima hal yang akan menjadi kunci sukses untuk mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi di Banten antara lain terus membaiknya. Selain itu, terus membaiknya industri pengolahan, perdagangan, kontruksi, real estate, dan transportasi. Selanjutnya, perlu adanya percepatan realisasi APBN dan APBD untuk mendorong konsumsi masyarakat dan belanja pemerintah agar segera menyelesaikan proyek yang bisa mendorong perekonomian. Keempat perlu dorongan dari perbankan dan lembaga keuangan untuk bisa meretas pembiayaan ke sektor mikro agar bisa berkembang. Kelima yakni pentingnya elektronifikasi ekonomi dan juga keuangan daerah untuk mengintegrasikan ekonomi dan keuangan daerah. Ini juga untuk mewujudkan efisiensi di dalam pengelolaan anggaran Provinsi Banten.

Advertisement

“Kami percaya bahwa energi dan koordinasi antar semua pihak di Banten juga menjadi hal yang perlu terus diperkuat sebagai upaya kita untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan bisa tetap survive,” katanya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com