Banten24

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN Unsera Bagikan Masker di Kota Cilegon

BISNISBANTEN.COM— Mahasiswa Universitas Serang Raya (UNSERA) yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat di daerah Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. Mahasiswa KKM UNSERA Kelompok 60 ini membagikan masker sebanyak 10 lusin dan hand sanitizer sebanyak 300 botol berukuran 30 mil secara gratis beberapa waktu lalu.

Kegiatan kuliah kerja mahasiswa ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilakukan dalam setiap proses perjalanan studi mahasiswa strata 1 dari seluruh program studi Universitas Serang Raya. Selain itu, ini sebagai bentuk pencegahan dalam penyebaran virus covid-19.

Dalam proses pembagian masker dan hand sanitizer ini mahasiswa KKM UNSERA kelompok 60 didampingi langsung Lurah Kalitimbang Bahroni dan Bhabinkamtibmas Polsek Cibeber, Brigadir Dede Andriana. Pembagian hand sanitizer kepada masyarakat dengan cara berkeliling di sekitar perumahan warga Kelurahan Kalitimbang.

Selain itu, proses pembagian hand sanitizer dilanjutkan di depan kantor Kelurahan Kalitimbang dengan membagikan kepada pengendara yang melintas di daerah tersebut sekaligus memberikan masker kepada pengendara yang tidak memakai masker.

Ketua KKM UNSERA Kelompok 60 Tahun 2020 Bagus Wisnu Murti mengatakab, kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa yang dilaksanakan pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan pada tahun ini, Indonesia dihadapkan dengan keadaan pandemi covid-19 yang menyebabkan berubahnya tatanan di masyarakat, dimana pada saat ini muncul kebiasaan-kebiasaan baru yang sering disebut new normal.

“Yang awalnya saat kita bertemu dengan masyarakat dianjurkan untuk saling berjabat tangan sebagai tanda hormat menjadi tidak melakukan jabat tangan sebagai bentuk upaya menjaga diri dan sesama dari penyebaran covid-19. Maka dari itu program kerja yang dirumuskan oleh kelompok 60 ini juga berkaitan dengan upaya pencegahan penyebaran covid-19 seperti pembagian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat” katanya.

Selain itu, kelompok 60 juga melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum yang berada di Kelurahan Kalitimbang seperti kantor kelurahan, masjid, posyandu, madrasah, dan lainnya. “Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19”, katanya.

Di akhir kegiatan pengabdian ini, setelah acara penutupan mahasiswa KKM UNSERA Kelompok 60 melakukan pemasangan spanduk himbauan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan terutama untuk selalu memakai masker pada saat keluar rumah. Pemasangan spanduk dilakukan di depan kantor Kelurahan Kalitimbang agar dapat terlihat oleh masyarakat sekitar dan masyarakat umum yang melintas di daerah tersebut. (Susi)


Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com