Info TravelTravel

Bukit Kedurung, Menikmati Pemandangan Indah Perkotaan Cilegon dari Ketinggian

BISNISBANTEN.COM – Nih yang lagi diomongin banyak orang, Bukit Kedurung. Berada di Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon Banten, destinasi wisata yang dianggap hidden gem di Cilegon ini sudah ada sejak lama loh.

Bukit Kedurung memiliki potensi wisata lokal berbasis wisata alam. Belakangan, Bukit Kedurung ini dikelola sebagai lokasi pariwisata untuk memberikan ruang kreatif dan investasi dari berbagai kalangan.

Seperti yang pernah dijelaskan Lurah Pabean, Nurul Hadiyati, pihaknya membuat terobosan baru sejak m 2020-2024 di antaranya membuat Bukit Kedurung sebagai obyek wisata Baru yang siap memanjakan mata pengunjung.

Advertisement

Dari atas bukit yang berada di ujung Pedesaan Pabean ini pengunjung bisa menyaksikan indahnya pemandangan Kota Cilegon. Ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke sini.

Selain melihat indahnya pemandangan Kota Cilegon dari atas bukit, di tempat ini bisa juga bersepeda, lari, hiking, kumpulan komunitas motor juga ada.

Untuk saat ini, karena fasilitas belum semua rampung masih tahap pembangunan jadi masih gratis alias tidak berbayar karena belum diresmikan.

Ke depannya Hidden Gem akan menyediakan sarana ataupun fasilitas seperti kantin, kedai produk UMKM dan kedai kopi bekerjasama dengan By Coffe selaku UMKM yang ada di Pabean.

Advertisement

Kehadiran Bukit Kedurung, disambut positif karena masyarakat dan pemuda sekitar akan dilibatkan guna ciptakan lapangan kerja baru untuk menggairahkan wisata di Pabean.

Ke depannya Bukit Kedurung akan menonjolkan hasil bumi lokal setempat, terutama dalam bidang bercocok tanam pertanian dan buah-buahan.

Di tempat ini, disuguhkan teduhnya pemandangan alam bak surga di tengah hiruk pikuknya keramaian kota dan semakin padatnya industri di Banten Utara.

Dari atas Pegunungan Kedurung ini bisa melihat lautan lepas Selat Sunda yang berada di sisi Merak, maupun perairan Teluk Banten di sisi Bojonegara, sesekali terlihat kehadiran kapal-kapal besar industri. Di sisi lain, kita bisa melihat dari kejauhan pusat Kota Cilegon.

Selain keindahan alam, rindang dan lebatnya pepohonan hijau yang terpadu dengan suasana sunyi di Pegunungan Kedurung ini, sangat tepat kiranya untuk me-refresh kepenatan otak, menghela nafas sejenak dari sesaknya polusi udara kendaraan dan cerobong pabrik, ambil jarak dari kegaduhan Medsos dan dunia politik.

Untuk menuju ke puncak Pegunungan Kedurung, ada dua rute pilihan, bisa dari Watu Lawang yang diakses dari Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol.

Direkomendasikan memilih rute Pecinan, Kelurahan Pabean, Kecamatan Purwakarta.

Di jalur ini selain jaraknya lebih dekat, kondisi jalan juga sebagian sudah dilapis beton. Sehingga pengunjung bisa lebih mudah mendakinya dengan kendaraan roda dua.

Di puncak Pegunungan Kedurung ini terdapat pemukiman penduduk yang terbagi dalam administrasi dua wilayah perbatasan antara Kota Cilegon dan Kabupaten Serang.

Destinasi wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk dikunjungi di waktu liburan. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.