Kuliner

Bikin Nostalgia, Cobain Kuliner Sentiling Teman Kopi Sore Hari

BISNISBANTEN.COM – Kalau pada zaman dahulu singkong dijadikan sebagai makanan pokok Indonesia, kini singkong bertransformasi menjadi cemilan yang enak manis dan gurih bahkan dibuat menjadi cemilan kekinian.

Beragam olahan singkong kini bisa dicoba dan dibuat dengan mudah dan praktis. Salah satunya yaitu cemilan yang bernama sentiling atau singkong lapis dengan tampilan warna-warni dipadukan dengan kelapa parut dan gula pasir.

Cemilan sentiling ini memiliki tekstur yang kenyal. Saat ditambah parutan kelapa parut semakin gurih. Cocok banget untuk ngemil pagi dan sore ditemani secangkir kopi dan teh.

Advertisement

Nah, bagi Anda yang penasaran mau mencoba cemilan ini simak resep berikut. Pertama-tama siapkan bahan terlebih dahulu seperti 1kg singkong, 1 bungkus agar-agar bubuk putih, 300 ml santan segar, 150 gram gula pasir,pewarna makanan sesuai dengan selera.

Untuk taburan toping, siapkan 100 gram kelapa yang sudah diparut memanjang. Lalu, siapkan juga daun pandan dan beri 1/2 sendok teh garam agar lebih terasa gurih.

Setelah bahan sudah disiapkan.. langkah selanjutnya ialah cara pembuatannya. Pertama, kupas singkong tadi lalu cuci bersih dan tiriskan. Selanjutnya, parut singkong hingga halus lalu peras singkong dan sisihkan.

Untuk taburan cemilan ini, aduk jadi satu santan, daun pandan dan garam. Kukus hingga harum dan matang lalu angkat dan dinginkan.

Advertisement

Jika sudah dingin, siapkan loyang segi empat 20 cm, olesi minyak. Campur santan, gula dan agar-agar, aduk rata.
Masukkan singkong parut dan aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian, beri pewarna sesuai selera.

Kemudian, tuang satu bagian adonan dalam loyang. Kukus dalam kukusan panas hingga matang. Lapisi dengan adonan kedua.Kukus dan kerjakan yang sama dengan adonan ketiga.Kukus hingga seluruhnya matang. Angkat dan dinginkan.

Setelah dingin, Potong-potong setebal 1,5 cm. Potong-potong setebal 1,5 cm. Taburi kelapa parut. Cemilan pun siap dinikmati. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA