Otomotif

Bersihkan Kamera Sistem SmartSense Agar Sensor Tetap Aktif

BISNISBANTEN.COM PT Hyundai Mobil Indonesia ingin selalu menawarkan teknologi tercanggih dan sistem keamanan untuk mobil demi para pengguna maupun pengemudi mobil Hyundai terkini. Karena itulah mobil Hyundai terkini sudah dilengkapi teknologi keselamatan aktif seperti Hyundai SmartSense.

Hyundai SmartSense sendiri dapat membantu Anda mengemudi lebih aman dengan beberapa fitur seperti Lane Keeping Assist (LKA), Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA) dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Tentunya semua fitur ini menggunakan satu alat, alat tersebut adalah sensor dalam berbagai bentuk, mulai dari kamera hingga radar.

Advertisement

Sehingga bila terjadi kendala pada sistem Hyundai SmartSense, ada baiknya Anda melakukan pengecekan pada sensornya, terutama jika keadaan mobil sedang kotor seperti dipenuhi lumpur dan tanah.

Hal ini karena kotoran keras seperti lumpur dan tanah dapat menutupi sensor dan kamera pada sistem Hyundai SmartSense sehingga mengganggu fungsinya.

Perlu diketahui sensor SmartSense utamanya bekerja dengan sistem kamera dan dibantu radar. Bila sensor kotor seperti tertutup, maka mobil seakan-akan ‘buta’ dan fungsi SmartSense pun tidak bisa digunakan.

Lokasi sensor SmartSense pada mobil Hyundai pun mungkin berbeda tergantung mobil. Namun umumnya diletakkan di kaca depan pada area tengah atas dekat spion dalam. Anda bisa mencoba memastikan kaca bersih untuk memaksimalkan kinerja sensor.

Advertisement

Lokasi berikutnya pun berada di belakang dekat lampu belakang berupa radar untuk fitur Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA) dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA). (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com