Info Travel

Berendam Air Panas di Kolam yang Melegenda

BISNISBANTEN.COM – Padarincang, Kabupaten Serang memiliki destinasi wisata yang tak bisa dipisahkan dari legenda. Ya, Batu Kuwung.

Arti batu kuwung sebenarnya adalah batu cekung. Batu kuwung yang dimaksud, berwujud sebuah batu berbentuk cekung namun dapat mengeluarkan air panas.

Cerita rakyat Batu Kuwung berawal dari kisah hidup saudagar kaya namun kikir di masa Sultan Haji (sekitar tahun 1683-1687 M).
Seorang sakti menyamar menjadi pengemis pincang dan memohon bantuan pada saudagar namun malah diusir.

Advertisement

Sang pengemis yang merasa sangat tersinggung diperlakulan kasar mengutuk saudagar yakni akan merasakan rasa lapar dan menderita sama pengemis.

Tak ada tabib yang bisa menyembuhkan. Pengemis pincang menyarankan si saudagar pergi ke kaki Gunung Karang dan mencari batu cekung lalu bertapa di atasnya selama tujuh hari. Di hari ketujuh, setelah 7 hari, batu tempat saudagar bertapa mendadak mengeluarkan mata air panas. Mata air inilah yang dipercaya terdapat di pemandian Batu Kuwung di Jalan Palima – Cinangka (Palka) KM 57, Batu Kuwung, Padarincang, Kabupaten Serang, Banten.

Pemandian air panas ini kerap ramai dikunjungi wisatawan. Di sini bisa menikmati sensasi panasnya air dari sumber mata air di bawah kaki Gunung Karang dengan suhu sekitar 70-80 derajat.

Advertisement

Air panas di sini mengandung berbagai mineral yang cukup mengendorkan syaraf dan urat-urat yang tegang. Air panas ini juga dipercaya menyembuhkan penyakit rematik, pegal linu, kesemutan dan beberapa penyakit lainnya.

Air panas ini cukup unik. Pada umumnya, air panas alami dari perut bumi mengandung belerang atau sulfur. Namun kandungan mineral air panas di pemandian ini mengandung iodium. Jadi tidak berbau.

Ada dua pilihan untuk berendam. Yakni di kolam terbuka bersama-sama pengunjung lain dan fasilitas privat di dalam kamar-kamar yang sudah disediakan. Di sini juga tersedia dua kolam renang air dingin untuk dewasa dan anak-anak. Kedalaman maksimal hanya 110 sentimeter. Selain itu, ada kolam air panas seukuran sekitar 10 meter persegi yang bisa digunakan untuk berendam.

Jika menginginkan privasi, bisa menyewa kamar-kamar berendam, ada juga ruang lux dan vvip. Kamar-kamar ini masih nyaman walau dipakai untuk lima orang.

Bagi yang ingin mandi air panas langsung dari sumbernya ada di bagian belakang. Di dekat tempat bilas ada sumur sumber mata air panas ini loh. Mata air inilah yang dinamakan Batu Kuwung, air dari mata air ini dialirkan ke kolam-kolam yakni satu kolam air panas umum dan dua kolam air biasa juga dialirkan ke kolam-kolam provasi.

Sebagai tujuan wisata keluarga, tempat ini memenuhi syarat sebagai destinasi wisata air yang murah meriah. Lokasinya pun mudah dijangkau dan terlihat dari jalan utama.

Untuk berkunjung ke sini, jika dari arah Jakarta bisa melalui tol Jakarta-Merak. Pilih keluar pintu tol Serang Timur. Setelah itu, pilih ke arah Kota Serang dan menuju Palima lalu belok kanan ke arah Ciomas. Dari pertigaan Ciomas ambil kanan ke arah Padarincang, terus saja, tujuan ada di sebelah kanan. Tepat di pinggir jalan. Jarak tempuh dari Kota Serang ke Batu Kuwung kira-kira membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Yap, tertarik datang ke sini dan melihat langsung sumber air yang menjadi legenda dari sebuah batu cekung alias kuwung? Buktikan sendiri. (Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.