KeuanganStartupTeknologi

Bareng Lazada, Grup Sinar Mas Selesaikan Investasi Rp2,96 Triliun di DANA

BISNISBANTEN.COM — Emiten grup Sinar Mas PT Dian Swastika Sentosa Tbk (DSSA), melalui anak usaha tidak langsung, PT DSST Dana Gemilang, merampungkan investasi di PT Elang Andalan Nusantara (EAN).

EAN merupakan perusahaan yang mengoperasikan DANA, platform dompet elektronik di Tanah Air, yang terafiliasi oleh grup Emtek alias PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK).

Sementara harga pelaksanaan investasinya berjumlah USD200 juta atau senilai Rp2,96 triliun.

Advertisement

Menurut Sekertaris DSSA Susan Chandra, investasi tersebut dilakukan dengan syarat-syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam penyertaan modal. Sedangkan investasi tersebut juga memenuhi persetujuan dari otoritas berwenang.

“Investasi ini merupakan bagian dari kolaborasi pengembangan bisnis digital. Melalui investasi ini, DSST telah menjadi salah satu pemegang saham terbesar di DANA,” tulis Susan Chandra, dikutip dalam keterbukaan informasi, Rabu (10/8).

Susan melanjutkan, kolaborasi strategis ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan ekosistem digital yang dimiliki oleh perseroan dan berbagai pemangku kepentingan.

Informasi saja, DSSA merupakan bagian dari Sinar Mas Group. Emiten ini bergerak di bidang penyediaan listrik, perdagangan, real estat, infrastruktur, hingga jasa konstruksi.

Advertisement

Lazada Ikut Suntik DANA

Sebelumnya, grup Emtek  menjual sebagian kepemilikan saham di EAN kepada Lazadapay Holing Pte Ltd.

Adapun penjualan tersebut dilakukan melalui entitas anak usahanya, yaitu PT Kreatif Media Karya (KMK) yang memiliki kepemilikan saham di EAN.

Sebagaimana disebutkan dalam keterbukaan informasi pada Kamis (11/8), harga penjualan saham tersebut mencapai USD304,5 juta atau setara dengan Rp4,50 triliun (asumsi kurs USD14.795/rupiah).

Corporate Secretary EMTK Titi Maria Rusli menyampaikan, per 10 Agustus 2022, KMK telah menandatangani akta pengalihan saham sejumlah 202 saham seri A dan seri B di EAN dengan Lazadapay Holdings Pte Ltd sebagai pembeli. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com