Keuangan

Bank Indonesia Dorong Komunitas Penerima Beasiswa BI Jadi Pemimpin Melek Digital

BISNISBANTEN.COM — Bank Indonesia mendorong komunitas penerima Beasiswa BI yang juga disebut sebagai Generasi Baru Indonesia (GenBI) sebagai pemimpin muda yang dapat mengakselerasi ekonomi dan keuangan digital bagi pertumbuhan ekonomi negeri. Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan GenBI Leadership Camp 2021 yang diselenggarakan secara virtual pada 20-21 November 2021.

Dalam dua hari, GenBI dibekali paparan dan diskusi terkait topik pemanfaatan potensi ekonomi digital untuk masa depan Indonesia Maju, penguatan literasi keuangan generasi muda untuk mendorong berinvestasi di negeri sendiri, bauran kebijakan BI untuk memperkuat pemulihan ekonomi serta Presidensi Indonesia G20.

Sejumlah narasumber yang hadir dari kalangan pemimpin, anggota parlemen dan entrepreneur muda diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, CEO Ajaib Anderson Sumarli, dan Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra. GenBI Leadership Camp 2021 mengangkat tema “Membangun youth leaders yang dapat mengakselerasi ekonomi dan keuangan digital bagi pertumbuhan ekonomi negeri”, diikuti oleh sekitar 7.000 GenBI dari seluruh Indonesia secara virtual.

Advertisement

Dalam seremoni pembukaan acara, Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti menyampaikan leaders insight bahwa GenBI diharapkan mampu memiliki peran dalam tiga hal penting. Pertama, menjadi garda terdepan dalam memperkuat komunikasi kebijakan-kebijakan ekonomi kepada masyarakat. Kedua, agen perubahan yang mampu menjadi panutan bagi kalangan generasi muda. Ketiga, pemimpin masa depan di era digital dengan berbagai inovasi teknologi yang mengiringinya.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI, Doni Primanto Joewono dalam penutupan acara GenBI Leadership Camp 2021 menyampaikan pentingnya mempelajari teknologi digital karena implikasi perkembangan teknologi digital dapat dengan mudah merubah kondisi sebuah ekosistem. Ke depan, dengan berbagai bekal pengetahuan yang telah diberikan, GenBI diharapkan mampu menjadi agen dan pemimpin masa depan terutama dalam mengedukasi masyarakat agar teknologi digital semakin maju dan aspek perlindungan konsumen tetap terjaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada sesi Enlivening Talk 1 menyampaikan bagaimana complex problem solving melalui inovasi dan kolaborasi yang dilakukan dalam sebuah tim. Selain itu, peserta juga mendapat motivasi dari anggota Komisi XI DPR RI, Agun Gunandjar dan Puteri Anetta Komarudin, influencer sekaligus entrepreneur Merry Riana, dan pembalap Rio Haryanto. Sesi lainnya yang tidak kalah menarik yaitu Central Banker’s Talk bersama pimpinan Departemen Pengembangan Pasar Keuangan BI, Rahmatullah Sjamsudin, CEO Ajaib Anderson Sumarli dan Founder Ternakuang Timothy Ronald. Dalam sesi tersebut para narasumber menyampaikan bagaimana penguatan literasi keuangan generasi muda untuk mendorong berinvestasi di negeri sendiri. Selain itu, peserta juga diberikan pemahaman terkait Presidensi G20 Indonesia dan bagaimana mereka dapat turut berperan mendukung kesuksesan Presidensi G20 tahun 2022. (susi)

Tinggalkan Komentar

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com