Info TravelTravel

Asri dan Sejuk, Berwisata ke Kampung Domba Bersama Keluarga

BISNISBANTEN.COM – Kampung Domba merupakan salah satu tempat wisata alam terkenal di Kabupaten Pandeglang.

Kampung Domba yang berada di Desa Cinyurup, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang, Banten ini termasuk cukup dekat dari alun-alun Pandeglang.

Untuk menuju Kampung Domba, pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi karena akses jalan yang dilalui sudah beraspal hingga tujuan dengan rute perjalanan didominasi perkebunan cengkeh.

Advertisement

Berada di kaki Gunung Karang yang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Banten, Kampung Domba ini asri dan sejuk.

Kabupaten Pandeglang memang kaya potensi wisata alam, salah satunya keindahan alam wisata Kampung Domba ini.

Di sekitar kampung masih banyak ditumbuhi pepohonan dan aneka bunga yang membuat pesona Kampung Domba cantik sebagai background berfoto selfie.

Advertisement

Kebun bunga yang ada di lokasi ini semakin mempercantik pemandangan.

Menawarkan pemandangan alam yang natural dan indah, Kampung Domba menjadi pilihan yang tepat bagi ‎yang ingin merasakan liburan keluarga yang berbeda dari biasanya.

Kampung Domba menampilkan panorama Kabupaten Pandeglang dari ketinggian. Dari sini terlihat dengan jelas pemandangan landscape Kota Pandeglang secara keseluruhan. Di kejauhan, saat malam tiba, kerlap-kerlip lampu di kaki gunung, terlihat sangat indah.

Dari ketinggian 250-700m di atas permukaan laut, di tempat yang berada di kawasan hutan lindung lereng Gunung Karang ini, pengunjung bisa melihat matahari terbenam maupun saat matahari akan terbit.

Sesuai namanya, di sini terdapat peternakan domba milik warga lokal yang juga dapat anda kunjungi untuk melihat-lihat.

Di sini juga bisa belajar cara beternak domba dan bermain dengan domba yang diternak.

Dikutip dari Disparpandeglangkab.go.id, Kampung Domba pada mulanya kawasan peternakan domba yang dikembangkan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang.

Saat ini, Kampung Domba Kabupaten Pandeglang b‎ukan sekedar peternakan domba, namun di kampung ini sudah dibangun aneka kafe yang berkonsep kekinian.

Kafe di sini menyediakan berbagai sajian makanan untuk menemani bersantai seraya menikmati keindahan alam.

Untuk dapat memasuki area ini anda hanya dikenakan biaya Rp3.000 untuk tiket masuk dan Rp2000 untuk parkir.

Bukan hanya akan menemukan peternakan domba saja, namun juga budidaya sayuran seperti sayur wortel dan tomat. Untuk perkebunan, di sini ada perkebunan cengkeh dan kopi.

Selain itu, di Kampung Domba terdapat satu tumbuhan khas yaitu Talas Beneng. Dengan bentuk yang sama seperti Talas Bogor, hanya saja ukurannya lebih besar dan memiliki warna kuning cerah.

Untuk fasilitas yang tersedia di Kampung Domba Kabupaten Pandeglang di antaranya ‎terdapat wisata pendidikan, area camping, kegiatan one day tracking. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.