FashionLifestyle

Asep Lopang, Dulu Jadi Tempat Pangkas Rambut Favorit di Kota Serang

BISNISBANTEN.COM – Bagi yang merasakan masa muda di era 2009-2014 dan tinggal di Kota Serang, pasti pernah mendengar nama tempat pangkas rambut Asep Lopang. Berada di Jalan Raya Banten Lama, Lopang, Kecamatan Serang, Kota Serang, pangkas rambut Asep Lopang ini digandrungi laki-laki beragam usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Dulu, pangkas rambut yang buka hingga malam hari ini kerap menjadi tongkrongan gaul remaja-remaja pria. Selain memberikan layanan memuaskan dengan memotong rambut dengan model kekinian, tarifnya pun murah. Pelayanan juga ramah. Belum lagi ruangan yang full musik.

Pengunjung maupun pelanggan, walaupun kebanyakan tidak tahu Asepnya yang mana, karena banyak pemotong rambut di tempat ini namun merasa puas dengan hasil potongan rambut di sini. Karena dilayani secara profesional.

Advertisement

Seiring berjalannya waktu, Asep Lopang mengalami perubahan. Pangkas rambut ini mengubah konsep yang semula ruang terbuka dilengkapi kipas angin sebagai penyejuk ruang, menjadi ruang tertutup dengan AC.

Untuk tempat, masih berada di lokasi semula. Namun untuk kepemilikan, menurut salah satu pemotong rambut, sudah berpindah tangan.

Dan sejak tiga bulan lalu, Asep Lopang di Lopang ini pindah ke tempat baru, di seberang lokasi lama. Tempatnya jauh lebih kecil dengan area parkir terbatas.

Advertisement

Sejak dulu, Asep Lopang dikenal dengan hasil potongan yang memuaskan, bagus dan rapi. Meski parkiran motor hanya bisa menampung sekitar tiga unit, namun tetap menjadi lokasi favorit. Tersedia sofa sebagai tempat menunggu jika sedang banyak yang mengantri.

Jika search di Google, ada Asep Lopang lain di Serang selain di Lopang ini. Yakni di Jalan Raya Serang-Jakarta, Citerep, Ciruas, Kabupaten dan di Jalan KH Abdul Hadi no.17 Kebon Jahe, Kota Serang. Ini menjawab rumor kalau Asep Lopang membuka layanan tempat lain.

Pada salah satu laman dijelaskan, ternyata pemilik Asep Lopang di Lopang membuka lahan baru untuk mengembangkan usahanya. Asep Solehudin dan kakaknya sudah merintis tempat potong rambut pria sejak 2001. Nama tempat potong rambutnya Kota Banten, yang terletak di Lopang Cilik, Kota Serang. Yakni bernama Asep Lopang.

Saat itu, usia Asep baru 17 tahun. Ayah dan kakak Asep sudah menjadi tukang cukur di Kampung Peundey, Garut, Jawa Barat. Asep mengikuti jejak kakaknya merantau ke Tanah Jawara pada 2000.

Pada 2009, Asep membuka barbershop sendiri di Ciruas dengan nama Asep Lopang Barbershop. Ia mengubah konsep tempat cukur rambut biasa menjadi barbershop. Peralatannya lebih baru dan lengkap, seperti menyediakan trimer, shaver, clipper, gunting penipis, basic, dan tekstur.

“Saya fokus pada barbershop di Ciruas. Pangkas Rambut Asep Lopang dikelola kakak saya,” ucapnya pada salah satu wawancara.

Saat merintis di Ciruas, Asep mengaku hanya meraih pendapatan bersih Rp1,5 juta. Saat itu memang, Asep Lopang terkenalnya di Serang. Secara perlahan, pengunjung mulai ramai berdatangan. Asep pun membuka cabang di Cilegon dan Kragilan.

Pada 2018, ia kembali membuka cabang Asep Lopang Barbershop di Kebon Jahe, Kota Serang. Ia mengubah konsep pangkas rambut menjadi barbershop karena melihat kenyataan bahwa tempat potong rambut untuk pria identik dengan ruangan sempit, tidak nyaman, dan desain bangunan yang terkesan kuno.

Semakin banyaknya tempat pangkas rambut dan barbershop pria di Kota Serang membuat Asep Lopang di Lopang harus mencari strategi untuk bersaing. Selain harus tetap melakukan inovasi juga meningkatkan standar pelayanan untuk memuaskan para pelanggan.

Nah, bagi para pelanggan Asep Lopang, jadi tidak bingung lagi dong mengapa banyak sekali barbershop dan tempat pangkas rambut dengan nama Asep Lopang. Dan jadi tahu alasan Asep Lopang di Lopang memiliki standar berbeda dari sebelumnya. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.