Kecantikan

Alasan Mengapa Reapply Sunscreen Itu Penting untuk Kesehatan Kulit

BISNISBANTEN.COM – Memakai sunscreen (tabir surya) adalah langkah penting untuk melindungi kulit dari efek merusak sinar matahari. Namun, banyak orang sering kali lupa bahwa satu kali aplikasi tidak cukup untuk melindungi kulit sepanjang hari. Berikut adalah alasan mengapa reapply sunscreen itu penting:

1. Menghindari Kerusakan Kulit

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak kulit Anda bahkan dalam waktu singkat. Paparan UV dapat menyebabkan sunburn, penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker kulit. Reapply sunscreen secara berkala membantu menjaga perlindungan kulit dari kerusakan ini.

2. Efektivitas Tabir Surya Berkurang

Setiap jenis tabir surya memiliki durasi perlindungan yang terbatas. Sebagian besar tabir surya efektif melindungi kulit selama sekitar dua jam. Setelah itu, efektivitasnya menurun. Keringat, air, dan aktivitas fisik juga dapat mempercepat penurunan efektivitas ini.

Advertisement

3. Keringat dan Air Mengurangi Perlindungan

Jika Anda berolahraga, berenang, atau bahkan hanya berkeringat, tabir surya bisa hilang lebih cepat dari kulit Anda. Sunscreen yang diklaim waterproof atau water-resistant masih perlu diaplikasikan ulang setelah kontak dengan air untuk memastikan perlindungan optimal.

4. Paparan Sinar Matahari yang Terus-Menerus

Jika Anda menghabiskan waktu di luar ruangan sepanjang hari, kulit Anda akan terus-menerus terpapar sinar UV. Mengaplikasikan ulang tabir surya membantu mempertahankan lapisan pelindung yang efektif melawan paparan UV yang terus-menerus ini.

5. Perlindungan Maksimal untuk Kesehatan Kulit

Mengaplikasikan ulang tabir surya adalah langkah penting untuk memastikan Anda mendapatkan perlindungan maksimal. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang dan mencegah masalah kulit yang serius.

Tips untuk Mengaplikasikan Ulang Sunscreen:

– Gunakan Alarm atau Pengingat

Advertisement

Setel pengingat setiap dua jam untuk reapply sunscreen.

– Pilih Sunscreen yang Mudah Dibawa

Sunscreen dalam bentuk spray atau stick bisa lebih praktis untuk aplikasi ulang di tengah aktivitas.

– Aplikasikan dengan Merata

Pastikan sunscreen diaplikasikan secara merata pada semua area yang terpapar sinar matahari, termasuk wajah, leher, tangan, dan kaki.

– Perhatikan Bagian Tertentu

Jangan lupa area yang sering terlewat seperti telinga, belakang leher, dan punggung tangan.

Dengan menjaga kebiasaan reapply sunscreen, Anda dapat melindungi kulit Anda dengan lebih baik dari efek merusak sinar UV, menjaga kesehatan kulit, dan mengurangi risiko masalah kulit di masa mendatang.

Ingatlah bahwa perlindungan kulit adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan dan penampilan Anda. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA