Info Bisnis

Akuisisi Shell Singapura, Chandra Asri (TPIA) Incar Pendapatan Rp128 T per Tahun

BISNISBANTEN.COM PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) telah resmi mengakuisisi saham Shell Energy and Chemicals Park Singapore (SECP) milik Shell Singapore Pte Ltd (SSPL).

Aksi korporasi tersebut dilakukan melalui CAPGC Pte Ltd (CAPGC), perusahaan patungan (joint venture/JV) antara TPIA dengan Glencore Plc, yang dioperasikan melalui anak usaha masing-masing.

Dari aksi korporasi tersebut, pihak TPIA mengeklaim bakal mendapatkan tambahan pendapatan hingga USD8 miliar, atau sekitar Rp128 triliun per tahun.

Advertisement

“TPIA akan menjadi kepala operator dan pemilik mayoritas saham joint venture CAPGC Ple Ltd sementara untuk Glencore berada di posisi minoritas. Akuisisi ditargetkan akan selesai pada akhir 2024,” ujar Direktur Keuangan TPIA, Andre Khor, dalam keterangan resminya, Selasa (14/5/2024).

Terkait sinergi dan kolaborasinya dengan Glencore, menurut Andre, TPIA nantinya akan lebih berfokus kami kinerja operasional dan manufaktur, sedangkan Glencore akan membangun jaringan global untuk menjaga pasokan minyak mentah Perseroan.

Meski demikian, Andre mengaku belum bisa menyebutkan total nilai investasi yang digelontorkan TPIA dalam aksi korporasi ini.

“Karena kami ada perjanjian kontrak dengan pihak Glencore. Yang bisa kami sampaikan adalah target (akuisisi) ini akan selesai di akhir 2024 mendatang,” tutur Andre.

Advertisement

Andre juga menyebut bahwa dana akuisisi tersebut sepenuhnya akan dipenuhi oleh TPIA dari kas internal perusahaan.

Andre mengklaim TPIA memiliki sumber daya dan likuiditas yang lebih dari cukup untuk menyelesaikan investasi strategis ini tanpa membutuhkan suntikan dana dari eksternal.

“Cukup pembiayaan internal saja,” tegas Andre. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com