Info Travel

Ada Apa di Situ Cikedal? Simak Ini!

BISNISBANTEN.COM — Siapa bilang Banten tidak memiliki danau? Pernah dengar Situ Cikedal? Oke, simak sejenis apa situ ini.

Situ dalam bahasa Sunda berarti danau. Berada di Jalan Raya Labuan, Desa Dahu, Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang, Banten, sebenarnya situ ini sangat mudah dijangkau. Namun entah mengapa, sebagai satu dari tujuh destinasi wisata unggulan di Pandeglang, gaungnya masih kalah terdengar.

Kabupaten Padeglang memiliki tujuh kawasan wisata andalan, yakni Gunung Karang, kawasan Carita, Laba, Tanjung Lesung, kawasan Cikeudal, Ujung Kulon dan kawasan Pantai Selatan.

Advertisement

Nama Cikedal sama dengan nama kecamatan tempat situ ini berada. Konon danau ini sering dijadikan tempat bersitirahat (pasanggrahan) bagi para bangsawan saat sedang melakukan perjalanan dan sering ngedalkeun lisan (menyampaikan maksud) di sana. Nama Cikedal juga diartikan dari bahasa Sunda. Ci atau cai berarti air dan kedal berarti menyampaikan.

Apa yang bisa ditemukan di sini? Situ ini memiliki lahan cukup luas. Luas arealnya 28.00 ha. Sementara luas genangannya 24.40 ha. Sebelumnya pernah ada bebek-bebekan yang bisa disewa untuk mengitari danau. Di sini juga ada saung-saung makan.

Bagi yang ingin bersantai bersama keluarga sambil menikmati semilir angin dan memandangi alam, cocok untuk datang ke tempat ini.

Pemandangan di Situ Cikedal memang cukup baik dengan keasrian kawasan sekitar. Bagi para pelintas, ada warung tempat beristirahat atau sekadar minum – makan sejenak sebelum meneruskan perjalanan menuju Labuan, Tanjung Lesung, Sumur, atau Anyer.

Advertisement

Beberapa tahun lalu, Situ Cikedal sempat menjadi destinasi wisata favorit dengan penataan apik dan beberapa wahana permainan. Meski saat ini seolah terabaikan, tapi daya tariknya tak pernah surut.

Situ Cikedal pernah ramai, meski tak seramai Pantai Carita. Situ Cikedal merupakan taman berukuran mini dengan keindahan khas alam pedesaan. Jika dikelola dengan baik, situ ini bisa menjadi taman wisata apik dan pemandangan indah di jalur menuju tempat wisata Pantai Carita.

Meski begitu, Situ Cikedal selalu menjadi tempat penduduk setempat menghabiskan waktu sore. Bahkan Situ kerap dijadikan tempat ngabuburit warga selama bulan suci Ramadan ini. Di lokasi tersebut tiap sore kerap dipadati para remaja untuk menunggu waktu Magrib tiba.

Selain menjadi tempat wisata lokal, Situ Cikedal merupakan merupakan sumber air bersih bagi warga. Situ ini juga menjadi sumber irigasi ke areal pesawahan di beberapa Desa di Kecamatan Cikedal. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.