Entertainment

5 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Cerita Viral

BISNISBANTEN.COM – Industri film Indonesia terus berkembang dengan pesat, dan salah satu tren yang menarik adalah adaptasi cerita viral ke layar lebar.

Cerita-cerita ini, yang awalnya populer di media sosial atau platform online, diangkat menjadi film dan mendapatkan sambutan hangat dari penonton.

Cerita viral yang diadaptasi menjadi film sering kali membawa daya tarik tersendiri, karena sudah memiliki basis penggemar yang kuat dan cerita yang dikenal luas.

Advertisement

Keberhasilan adaptasi ini tidak hanya bergantung pada popularitas cerita aslinya, tetapi juga para sineas penggarap film dalam menerjemahkan esensi cerita ke dalam bentuk visual yang menarik dan memikat penonton.

Berikut adalah lima film Indonesia yang diadaptasi dari cerita viral:

1. KKN di Desa Penari (2022)

“KKN di Desa Penari” adalah salah satu cerita horor paling viral di Indonesia. Cerita ini pertama kali muncul di Twitter melalui akun @SimpleMan, menceritakan pengalaman sekelompok mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil yang penuh dengan kejadian mistis.

Advertisement

Kepopuleran cerita ini mendorong rumah produksi untuk mengadaptasinya menjadi film, yang kemudian sukses besar di bioskop, menakutkan sekaligus menarik perhatian penonton dengan kisah horor yang menegangkan.

2. Dilan 1990 (2018)

“Dilan 1990” diadaptasi dari novel “Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990” karya Pidi Baiq. Cerita tentang kisah cinta remaja antara Dilan dan Milea ini menjadi viral di kalangan pembaca muda.

Novel ini tidak hanya populer di media sosial, tetapi juga diadaptasi menjadi film yang sangat sukses di bioskop. Film ini berhasil menayangkan esensi cerita cinta yang sederhana namun menyentuh hati, menjadikannya favorit di kalangan penonton muda.

3. Surat Cinta untuk Starla (2017)

Awalnya merupakan lagu karya Virgoun, “Surat Cinta untuk Starla” menjadi viral dan populer di kalangan penikmat musik. Lagu ini mengandung unsur cerita yang seolah hidup.

Alhasil, ada banyak orang yang mendengarkan lagu ini sambil menerka alur cerita di dalamnya. Kepopuleran lagu ini kemudian berkembang menjadi web series yang juga mendapatkan sambutan positif.

Melihat antusiasme tersebut, cerita ini diadaptasi menjadi film layar lebar. Film ini menceritakan kisah cinta antara Hema dan Starla, yang terjalin melalui surat-surat cinta dan dihadapkan pada berbagai tantangan.

4. Milea: Suara dari Dilan (2020)

Melanjutkan kesuksesan “Dilan 1990” dan “Dilan 1991”, “Milea: Suara dari Dilan” merupakan film ketiga dalam trilogi Dilan yang juga diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq.

Film ini menceritakan perspektif Dilan tentang hubungannya dengan Milea, memberikan penonton pandangan yang lebih mendalam tentang karakter-karakter yang sudah mereka cintai. Seperti pendahulunya, film ini juga sukses besar di pasaran dan menjadi fenomena tersendiri.

5. Ipar Adalah Maut (2024)

“Ipar adalah Maut” merupakan salah satu film Indonesia yang diadaptasi dari kisah viral yang sempat menghebohkan jagat maya.

Cerita ini pertama kali menjadi viral di platform media sosial TikTok. Kemudian cerita tersebut rupanya menarik perhatian banyak netizen dengan plotnya yang penuh ketegangan.

Film-film seperti “KKN di Desa Penari,” “Dilan 1990,” dan lainnya, membuktikan bahwa cerita viral atau pun sebuah lagu bisa menjadi sumber inspirasi yang luar biasa bagi industri perfilman Indonesia. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA