Banten24

2 Kepala Dinas Dirotasi, Ini Kata Bupati Serang!

BISNISBANTENCOM – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melantik lima pejabat eselon 2 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang di Pendopo Bupati Serang, Selasa (24/1/2023). Tiga pejabat di antaranya merupakan hasil Open bidding (lelang terbuka), sementara dua pejabat lainnya dirotasi karena dinilai tidak sesuai kompetensi.

Diketahui, ketiga pejabat hasil Open bidding, meliputi Surtaman yang saat ini definitif menjadi Kepala Badan Kepegaiwaian dan Pemgembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dari sebelumnya menjabat Pelaksana Tugas (Plt). Selanjutnya, Sugihardono yang menjabat Staf Ahli Bupati dari sebelumnya menjabat Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Daerah (Setda). Lalu, Yadi Priyadi yang dilantik menjadi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dari sebelumnya menjabat Plt.

Dua pejabat eselon 2 lainnya, yakni Zaldi Dhuhana menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) bertukar tempat dengan Suhardjo yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pertanian.

Advertisement

Lainnya, Lutfi Kelana menjabat Camat Cikeusal bertukar tempat dengan Iman Saiman yang menjadi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kemudian, Encep Bunyamin yang bergeser menjadi Camat Kragilan dari jabatan sebelumnya Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) mengisi kekosongan jabatan yang ditinggal pensiun Epon Anih Ratnasih.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta pejabat yang dilantik agar bekerja secara profesional dan penuh tanggungjawab. Selain itu, mau bekerja keras dan mempunyai inovasi, tidak sekadar menggugurkan kewajiban, karena tidak sedikit persoalan yang berat di Kabupaten Serang.

“Kalau daerah pengin maju, ya kita juga harus punya keinginan maju agar kesejahteraan secara bertahap tercapai,” pesan Ketua DPD Partai Golkar ini.

Advertisement

Disinggung soal rotasi Kepala Distan dan DKPP, diakui Tatu, sudah berdasarkan hasil evaluasinya bersama BKPSDM, bukan persoalan pintar dan tidak pintar. Kata Tatu, rotasi kedua pejabat eselon 2 tersebut dilakukan karena dinilai tidak sesuai kompetensi, selain bertujuan mengeksplore kemampuan keduanya dengan kemampuan yang dimiliki di tempat yang baru.

“Bukan soal puas tidak puas, tapi kami mendapatkan masukan dari berbagai pihak, baik internal, terutama masyarakatnya, para petani, nelayan yang mereka bina. Berdasarkan masukan dan saran, mungkin lebih sreg di tempat baru agar bisa mengekplore kemampuannya,” terang bupati dua periode ini.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Serang Surtaman menambahkan, yang dilantik sebanyak 398 orang, meliputi pejabat Eselon 2 sebanyak 5 orang, pejabat Eselon 3a sebanyak 9 orang, pejabat Eselon 3b sebanyak 15 orang, pejabat Eselon 4a sebanyak 94 orang, dan pejabat Eselon 4b sebanyak 52 orang. Lainnya
Jabatan Fungsional Penyetaraan sebanyak 34 orang, Jabatan Fungsional PKM sebanyak 3 orang, dan pengangkatan pertama atau dari CPNS menjadi PNS janatan fungsional, seperti dokter, bidan, dan perawat sebanyak 186 orang.

“Pejabat Eselon 2 tiga orang promosi dan dua orang rotasi. Posisi camat sekarang penuh. Pejabat Eselon 3 per hari ini tidak ada pejabat eselon kosong, semua penuh,” tegasnya. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013