Program Mustahik Mandiri BAZNAS Sasar Pedagang Kopi Sepeda

146

BISNISBANTEN.COM –  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengadakan program Mustahik Mandiri untuk para pedagang kopi sepeda di Masjid Al-Bantani KP3B Serang.

Program tersebut berupa pemberian modal usaha yang diterima oleh 44 mustahik bagi mereka yang kurang mampu. Ketua II Bidang Perindustrian BAZNAS Serang Mohammad Suhri Ustmani mengatakan, dalam kegiatan ini mustahik akan mendapatkan sepeda, pakaian, termos dan sembako. Setelah dibantu mereka akan dibina atau diberi pelatihan.

“Kebetulan penerima bantuan ini wanita semua. Dalam pendistribusian zakat ada dua point yang harus disinkronkan, yaitu persamaan gender dan peningkatan ekonomi. Karena selain membantu mencari nafkah mereka juga dibina dalam dalam keagamaannya tidak melalaikan kewajiban di keluarga,” tuturnya, Selasa (21/3)

Program pemerdayaan pedagang kopi ini adalah salah satu upaya untuk memberikan solusi lapangan usaha bagi warga kurang mampu juga meningkatkan Sumber Daya Manusia.

“Supaya pedagang kopi ini juga bisa menyekolahkan anak-anaknya  hingga sarjana selain bantu cari nafkah keluarga,” tuturnya

Program ini sejalan dengan Sustainable Development (SDGs) untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan perekonomian.

BAZNAS terus menggencarkan semangat pembangunan dunia berkelanjutan melalui gerakan zakat di Indonesia. Selain itu juga terus mengembangkan berbagai model program ekonomi berbasis dana zakat bagi warga kurang mampu dan golongan mustahik (penerima zakat) lainnya.(CEC/NUA)


Penulis : Cece Syfa Fauziyah
Editor : Nurzahara Amalia