Info Travel

Wisata Sekaligus Belajar, Kandank Jurank Doank Jawabannya

BISNISBANTEN.COM – Berada di atas tanah seluas 2.500 m2, Kandank Jurank Doank (KJD) merupakan taman wisata edukasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk belajar sambil bermain. Lokasinya ada di Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Ciputat, Tangerang, Banten.

Kandank Jurank Doank merupakan tempat yang tepat untuk bermain di alam sambil mengasah kreativitas. Pada mulanya KJD yang dirintis sejak 1993 oleh artis dan seniman Dik Doank ini merupakan sekolah alam bagi anak-anak kampung sekitar. Dik Doank dikenal memiliki jika sosial tinggi terhadap kepentingan masyarakat.

Sekolah yang mengusung pendekatan alam ini mulanya khusus untuk anak-anak kurang mampu. Dik Doank, sang pendiri, prihatin dengan anak-anak yang kesulitan pendidikan kreatif.

Advertisement

Cita-cita Dik Doank saat itu adalah ia ingin agar anak-anak miskin bisa belajar di sekolah yang sebenarnya , yaitu alam. Melalui alam anak-anak mampu mengenal diri dan potensinya, kemudian dikembangkan.

Seiring waktu, KJD menjadi tempat menyenangkan bagi anak-anak dari kalangan ekonomi manapun, tua dan muda. KJD menjadi wadah seru bagi anak-anak. Saat ini KJD terbuka untuk masyarakat umum dengan berbagai fasilitas menarik.

Pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket atau tidak dipungut biaya. Bahkan beberapa kegiatan digratiskan. KJD buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB.

Advertisement

Pengunjung boleh mengikuti kelas tematik secara gratis. Ada kelas menari, bernyanyi, dan membuat kriya. Di sini anak-anak didorong mengeluarkan kreativitas sebanyak-banyaknya. Mulai dari menggambar dan melukis sampai fotografi.

Di hari Minggu, kelas ini diisi langsung oleh Dik Doank. Ada pula kelas mendengarkan dongeng, mengenal satwa, dan bermain permainan tradisional. Para pembimbing siap mengajari anak-anak dengan sabar dan menyenangkan. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dan anak-anak betah belajar di sini.

Sebelumnya ada flying fox, bermain sawah, dan outbound. Sekarang sudah tidak ada lagi.

KJD dikelilingi pemandangan alam mempesona. Di salah satu gedung, terdapat berbagai karya Dik Doank seperti lukisan-lukisan tokoh, ornamen-ornamen, dan karya seni. Dipajang pula hasil karya anak-anak di sekolah alam ini.

Sarana olah raga di KJD juga cukup lengkap. Mulai dari lapangan bola, lapangan basket, wall climbing, sampai flying fox. Kegiatan ini biasanya ramai ketika akhir pekan. Banyak juga sekolah-sekolah dasar yang mengadakan outbound.

Ada juga panggung, studio, ruang multimedia, kolam ikan, perpustakaan dan arena bermain. Panggung ini memiliki beragam fungsi. Bisa untuk latihan menari, menyanyi, atau untuk pentas.

Di spot lain terdapat museum yang menyimpan sejarah kehidupan Dik Doank dari masa kanak-kanak sampai saat ini. Kebanyakan isi museum adalah hasil kesenian dari Dik Doank, mulai dari lukisan, foto, sampai barang-barang yang memiliki nilai sejarah penting untuknya.

Di KDJ juga terdapat kafe dengan rancangan sentuhan kreatif. Kursi-kursi kayu dan aneka lukisan cat air penghias dinding menjadi ciri khas kafe ini

Berkunjung ke Kandank Jurank Doank akan menyuplai udara segar yang masuk ke paru-paru. Pengunjung bisa merasakan santai sejenak sebelum kemudian besoknya kembali beraktivitas. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.