Info Travel

Wisata Edukasi Pertanian dan Peternakan di Cikerai Ini Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga, Sudah Tahu?

BISNISBANTEN.COM – Destinasi wisata satu ini bukan hanya untuk melepas penat, melainkan juga memiliki nilai edukasi anak-anak. Berada di Kampung Pasir Angin, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Villa Ternak Cikerai menawarkan pemandangan perbukitan dan hamparan hijau pepohonan serta peternakan yang bisa dikunjungi siapapun.

Wisata alam nan asri ini berjarak sekitar 8 KM dari Jalan Lingkar Selatan (JLS), berada di perbatasan antara Kota Cilegon dan Kabupaten Serang, Banten. Untuk menuju ke tempat ini ada dua jalur masuk yang bisa digunakan. Jika dari arah PCI, bisa masuk lewat Lapas Cikerai. Namun jika dari arah Ciwandan atau Anyer bisa masuk lewat jalan menuju SMAN 3 Kota Cilegon. Lokasinya tidak jauh dari SMPN 8 Kota Cilegon.

Tempat yang dibuka pada awal Januari 2017 ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sini, pengunjung bisa memberi makan ternak seperti ayam, burung, sapi, kambing dan ikan. Jika beruntung, pengunjung juga bisa ikut memerah susu kambing etawa atau sapi. Di sini juga pengunjung bisa naik kuda.

Advertisement

Meskipun mengusung konsep wisata edukasi anak meliputi pertanian dan peternakan terpadu, bagi para orang tua disiapkan tempat-tempat santai untuk menikmati pemandangan. Atau menikmati menu hidangan di restoran yang terdapat di sini.

Hari Bowo, Owner Vila Ternak Cikerai, pada salah satu wawancara mengatakan, konsep yang ia bangun ini pada mulanya lebih ke pertanian dan peternakan terpadu. Karena animo masyarakat yang antusias, kawasan ini akhirnya diubah menjadi wisata edukasi ternak.

Memiliki pandangan alam yang indah, Villa Ternak Cikerai juga kerap dijadikan tempat untuk selfie dengan latar pegunungan. Di sini juga ada rumah pohon dan Sungai Kelapa Ciung dengan nuansa batu-batuan.

Advertisement

Tempat ini bukan hanya dikunjungi tamu-tamu lokal, namun banyak juga dari luar Kota Cilegon. Sebagai tempat wisata edukasi, bukan hanya dikunjungi TK dari Cilegon bahkan rombongan siswa TK dari Bogor juga Jakarta.

Vila Ternak Cikerai menjadi salah satu destinasi unggulan di Kota Cilegon di bidang wisata edukasi ternak. Beragam fasilitas wisata dapat dinikmati di sini mulai dari belajar berkebun, belajar berternak, bermain di sungai, memanah, menunggang kuda dan bermain di rumah pohon. Untuk berkunjung kesini pastikan datang di jam operasional ya, yakni Sabtu – Kamis pukul 08.00 – 17.00 WIB. (Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.