Ekonomi

Viral Minyak Palsu Tengah Beredar dan Semakin Meresahkan, Kenali Cirinya

BISNISBANTEN.COM – Baru-baru ini, beredar berita tentang minyak palsu yang semakin meresahkan masyarakat.

Kabarnya, minyak palsu yang beredar di masyarakat dibuat sedemikian mirip dengan produk asli. Alhasil, banyak masyarakat yang tertipu untuk membeli minyak palsu.

Sejumlah minyak palsu biasanya dipasarkan dengan harga bersaing namun sedikit miring. Tak jarang hal tersebut juga bisa mengelabui pembeli.

Advertisement

Berikut ini adalah ciri-ciri minyak palsu yang yang perlu diwaspadai:

1. Harga yang Terlalu Murah

Harga minyak yang jauh lebih murah dari harga pasaran biasanya menjadi tanda pertama. Jika harga terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka Anda perlu curiga.

2. Kemasan yang Mencurigakan

Minyak palsu sering dikemas dalam botol atau plastik yang mirip dengan produk asli bertulisan brand tertentu yang tidak sesuai dengan standar. Meskipun terdapat merk, perhatikan segel, tutup, dan labelnya. Jika terlihat ada kejanggalan itu bisa menjadi tanda minyak palsu.

Advertisement

3. Warna dan Konsistensi

Minyak palsu mungkin memiliki warna yang lebih gelap atau keruh dibandingkan minyak asli. Konsistensinya juga bisa lebih kental atau terlalu cair, tergantung pada campuran yang digunakan.

4. Aroma yang Tidak Wajar

Minyak asli biasanya memiliki aroma yang khas. Jika minyak berbau tengik, terlalu menyengat, atau tidak sesuai dengan jenis minyak yang seharusnya, kemungkinan besar itu adalah minyak palsu.

5. Rasa yang Aneh

Rasa minyak palsu sering kali tidak enak atau berbeda dari yang diharapkan. Jika Anda mencicipi rasa yang aneh atau tidak biasa, segera hentikan penggunaannya.

6. Tidak Ada Informasi Produsen

Pastikan kemasan minyak mencantumkan informasi lengkap tentang produsen, termasuk alamat dan nomor kontak. Minyak palsu sering kali tidak memiliki informasi ini atau mencantumkan informasi yang palsu.

Cara Menghindari Minyak Palsu

1. Beli di Toko Terpercaya

Selalu beli minyak dari toko atau supermarket yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Hindari membeli dari pedagang yang tidak dikenal atau pasar gelap.

2. Periksa Label dan Kemasan

Perhatikan label dan kemasan dengan seksama. Pastikan semua informasi tertera dengan jelas dan kemasan dalam kondisi baik.

3. Cek Sertifikasi

Minyak asli biasanya memiliki sertifikasi dari badan pengawas pangan dan obat. Pastikan minyak yang Anda beli memiliki sertifikasi yang sah.

4. Uji di Rumah

Anda bisa melakukan uji sederhana di rumah, seperti menuangkan sedikit minyak ke dalam gelas dan membekukannya di lemari es. Minyak asli akan membeku secara merata, sedangkan minyak palsu mungkin tidak.

Kewaspadaan terhadap minyak palsu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keamanan keluarga Anda.

Dengan mengenali ciri-ciri minyak palsu dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, Anda bisa menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Jika Anda menemukan minyak yang dicurigai palsu, segera laporkan ke otoritas terkait untuk tindakan lebih lanjut. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA