EntertainmentInspirasiKeuangan

Viral! Ini Pelajaran Bisnis dan Keuangan dari Drama Squid Game

BISNISBANTEN.COM — Apakah rekan bisnis sudah menyaksikan serial drama yang tengah viral diperbincangkan warga jagat maya, Squid Game?

Sejak rilis pada 17 September kemarin, serial drama asal Korea Selatan ini berhasil mencuri perhatian warga dunia.

Serial garapan sutradara Hwang Dong-hyuk tersebut kini menjadi salah satu tayangan favorit orang-orang, dibuktikan dengan keberhasilan Squid Game menduduki peringkat pertama dari chart Netflix di Amerika Serikat.

Advertisement

Drama yang bercerita mengenai permainan bertahan hidup ini mendapatkan respons positif dari penontonnya. Tahukah rekan bisnis bahwa Squid Game juga memberikan beberapa pelajaran keuangan di dalamnya? Simak ulasan dari Personal Growth & Financial Microblogger Setiawan Chogah berikut ini!

 

1. Pentingnya Mengelola Uang dan Usahakan Jangan Berutang

Kemampuan money management atau mengelola uang adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Seringkali seseorang menghadapi kesulitan akibat kebiasaan buruk terkait keuangan.

Dalam serial Squid Game, semua pemain dalam survival game tersebut punya kesamaan yakni masalah keuangan. Bahkan Seong Gi-hun sang tokoh utama digambarkan punya banyak utang akibat kebiasaannya bermain judi. Secara tidak langsung, serial ini mengingatkan kepada kita terkait pentingnya money management dan jangan berutang.

Advertisement

2. Kemampuan Menyusun Strategi

Dalam setiap permainan tentu membutuhkan strategi untuk bisa menaklukkannya. Pada serial Squid Game, salah seorang tokoh yakni Cho Sang-woo adalah sosok yang termasuk pintar dalam membuat strategi.

Sama seperti game, untuk bisa mencapai kesuksesan dan menaklukkan tantangan hidup tentu membutuhkan kiat atau strategi tertentu. Maka, jeli dalam menyusun strategi seperti Cho Sang-woo menjadi kemampuan yang sangat dibutuhkan dan penting untuk dikuasai.

3. Jangan Mudah Percaya Orang Lain

Ada banyak konflik kepentingan dalam permainan Squid Game. Hal ini karena masing-masing peserta berangkat dari permasalahan keuangan pribadi hingga akhirnya memutuskan untuk terjun ke dalam permainan yang menguji kemampuan bertahan hidup itu demi hadiah yang besar.

Sebagai strategi, sejumlah peserta pun ada yang melakukan kerja sama satu sama lain. Namun terdapat salah satu jalan cerita yang menunjukkan kepada kita bahwa jangan mudah percaya dengan orang lain, karena penghianatan sesungguhnya tidak hanya berasal dari liciknya seseorang, namun karena terlenanya kita yang terlalu mempercayai orang tersebut. Akan tetapi, jangan sampai kamu juga mengalami trust issue atau menjadi mudah curiga bahkan sulit percaya dengan orang, ya!

4. Uang Bukan Sumber Kebahagiaan Sejati

Pada tayangan episode akhir penonton akan mengetahui alasan dibalik adanya game tersebut. Dari situ kita dapat belajar bahwa kebahagiaan sesungguhnya bukan dari materi yang dimiliki.

Ada satu quotes menarik dari Oh Il-nam, salah satu tokoh yang mengungkapkan tentang konsep tersebut.

“Ada persamaan antara orang yang tidak memiliki uang dan yang memiliki terlalu banyak uang, hidup tak menyenangkan bagi mereka. Jika kau punya terlalu banyak uang, apa pun yang kau beli akan membosankan pada akhirnya.”

Itulah sejumlah pelajaran hidup penting yang dapat dipetik dari penayangan season pertama serial drama Squid Game. Bagaimana menurut rekan bisnis?

Tinggalkan Komentar

Advertisement
Baca Selengkapnya

Setiawan Chogah

CEO dezainin.com dan founder dezain.institute. Seorang microblogger yang kerap mengulas topik pengembangan diri dan tips keuangan di Instagram @setiawanchogah. Setiawan menulis untuk kanal keuangan dan investasi di bisnisbanten.com.