Info TravelKuliner

Umah Buah, Staycation Seru di Kawasan Umah Lima Curug, Kota Serang

BISNISBANTEN.COM – Curug, Kota Serang, Banten punya lokasi staycation seru namanya Umah Buah. Dikemas seperti layaknya villa, Umah Buah memiliki saung-saung, kolam renang, dan ruang pertemuan.

Namun sayang, belum bisa menginap di sini. Tapi bisa banget untuk acara keluarga, arisan, organisasi, dan sebagainya. Tarif masuk untuk umum Rp10 ribu, belum termasuk berenang. Kalau ingin berenang, Rp15 ribu.

Bagi yang ingin sewa tempat, tarifnya Rp800 ribu belum termasuk paket makan. Tarif Rp800 ribu ini pun berlaku untuk sewa ruang meeting.

Advertisement

Terintegrasi dengan Umah Lima yang memiliki Umah Seni, Umah Mangan, Umah Baca, dan Umah Sayur. Tempat yang dikembangkan oleh Prof dr Ali Zum Mashar M.Si ini bisa dicari tahu di akun Instagram @wisata_umahbuah.

Dikutip dari web Serangkota.go.id, Umah Buah ini dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Purbasari dari Kp. Perapatan, Kelurahan Curug, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Walikota Serang H.Syafrudin bersama Kepala Disparpora Kota Serang Yoyo Wicahyono hadir langsung sekaligus meresmikan kampung wisata tersebut pada Kamis, (23/9/2021). Walikota berharap, kampung wisata ini akan menjadi kegiatan yang dapat meningkatkan pengembangan sektor pariwisata di Kota Serang, sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Serang khususnya warga Kampung Perapatan, Kelurahan Curug.

Advertisement

Syafrudin bilang, dengan rintisan Kampung Wisata berbasis pada kemampuan masyarakat, tempat ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat yang lebih sejahtera, maju, dan mandiri. Terutama melalui sektor pariwisata yang dapat mendorong tumbuhnya sektor-sektor ekonomi lainnya.

Perlu diketahui, rintisan wisata ini merupakan pertama di Kota Serang dan belum ada di kampung dan kecamatan lain.

Lokasi Umah Buah persis berada di belakang Puskemas Curug. Ada banyak pohon buah yang tumbuh dan berbuah di sini. Beberapa di antaranya adalah buah durian, sawo, nangkadak (persilangan antara nangka dan cempedak), jeruk, mangga, jambu air, pisang, pepaya, sukun, dan lainnya.

Pohon-pohon ini tumbuh di halaman dan pekarangan warga. Pengunjung yang datang ke Kampung Wisata Lima Umah Prapatan Curug selain bisa melihat pohonnya juga bisa memetik buahnya untuk dibawa pulang. Kegiatan ini yang paling diminati oleh pengunjung. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.