Banten24

Tekan Jumlah Pengangguran, Pemkab Serang Siapkan Anggaran untuk Pelatihan Kerja

BISNISBANTEN.COM – Pemerintah Kabupaten Serang mendapatkan kuota 500 orang untuk mengikuti pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BPLK), selama tiga bulan. Hal ini merupakan upaya untuk menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Serang, dengan menekan angka pengangguran serta memberikan keterampilan sesuai bidang yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Hal tersebut dikatakan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah usai menyambut Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri di Serang, Senin (2/4).

Tatu menjelaskan, Pemkab Serang bersedia mengeluarkan anggaran dari APBD untuk memastikan 20 orang bisa masuk dalam pelatihan teknisi yang disediakan oleh kementerian. Pasalnya, dalam pelatihan teknisi tersebut peserta akan dipastikan mendapatkan kuota untuk bekerja dalam perusahaan.

Advertisement

“Seperti yang menteri bilang tadi, bahwa teknisi khusus peserta sudah dibooking oleh masing-masing perusahaan untuk langsung bekerja. Ini merupakan solusi bagi kami untuk mengentaskan pengangguran,” jelas Tatu.

Tatu menambahkan, Pemkab Serang merencanakan akan membuat pelatihan kerja yang melibatkan perusahaan swasta, dengan memberikan pelatihan sesuai kebutuhan pada masing-masing perusahaan. Selain itu, Pemkab Serang akan mengirimkan peserta pelatihan di BLK yang sudah diajak kerja sama.

“Kita komunikasi dengan pihak HRD di perusahaan soal bagian mana yang dibutuhkan, dan kita adakan dalam pelatihan tersebut,” tutupnya. (SYF/NUA)

Caption: Para peserta yang mengikuti pelatihan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BPLK), Senin (2/4).

Advertisement

Penulis : Syfa Fauziyah
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com