Suka Belanja Online? Ini 5 Hal yang Wajib Anda Lakukan Bila Tak Ingin Ditipu

- Advertisement -

BISNISBANTEN.COM — Zaman semakin bergerak maju. Dampaknya sangat terasa di hampir setiap sendi kehidupan, termasuk dalam bertransaksi. Namun, kemajuan teknologi tetap tak luput dari celah yang kadang dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Ada risiko-risiko kemanan yang dapat terjadi saat belanja online. Untuk menghindari risiko tersebut, beberapa tips yang dilansir dari  situs cekaja.com (7/8/2017) ini dapat Anda coba:

Gunakan situs belanja online tepercaya

Tips paling mendasar dan pertama adalah menggunakan situs belanja online yang tepercaya. Ya, pilihlah situs-situs atau aplikasi belanja online yang sudah memiliki nama besar agar tingkat sekuritas lebih terjamin.

Terkadang, di situs belanja online besar sekalipun terutama yang memiliki sistem marketplace ada saja penjual yang tidak profesional. Untuk itu, sebaiknya pilih seller atau penjual yang telah direkomendasikan dan memiliki reputasi bagus.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, biasanya di situs-situs tersebut penjual memiliki bintang atau juga nilai tertentu. Semakin banyak bintang dan nilai yang dimiliki, maka semakin terpercaya penjual tersebut.

Sementara apabila kalian belanja online lewat media sosial, usahakan mencari penjual yang memiliki banyak testimoni valid dari para pelanggannya.

Usahakan pakai rekening bersama

Rekening bersama merupakan salah satu solusi paling baik untuk menghindari penipuan saat belanja online. Dengan menggunakan rekening bersama, uang yang telah ditransfer sebelum dilakukan pengiriman barang oleh penjual baru akan sampai ke tangan penjual jika Anda mengonfirmasi keberhasilan transaksi yang dilakukan.

Jadi, apabila penjual tidak kunjung mengirimkan barang atau mengirim barang yang tidak sesuai dengan pesanan maka uang tersebut dapat kembali lagi. Biasanya situs-situs marketplace besar saat ini telah menggunakan metode pembayaran lewat rekening bersama untuk meminimalisir risiko penipuan.

Cara aman transaksi dengan metode COD (cash on delivery)

Apabila transaksi yang dilakukan bernilai cukup besar, dan Anda kurang percaya diri maka tidak ada salahnya mencoba metode Cash On Delivery alias COD. Maksudnya adalah Anda bertemu langsung dengan penjual atau perantara, dan hanya akan membayar apabila barang sudah sampai ke tangan.

Dalam berbelanja online, Anda tidak bisa melihat keadaan fisik barang secara nyata. Sementara, terkadang gambar produk yang ditampilkan juga kurang sesuai dengan yang dipesan.

Untuk itu, perhatikan deskripsi produk dengan sesama. Misalnya saat ingin membeli baju, perhatikan betul deskripsi ukuran panjang dan lebar dari baju yang ingin dibeli.

Simpan bukti transaksi

Mulai sekarang, biasakan untuk menyimpan bukti pembayaran atau bukti transaksi yang dilakukan. Misalnya jika Anda melakukan pembayaran lewat ATM maka simpan bukti bayar yang tercetak, atau misalnya dilakukan pembayaran lewat mobile banking maka screenshot bukti bayarnya.

Bukan hanya itu, Anda juga harus menyimpan informasi serta detil transaksi barang apa saja yang dibeli dan sebagainya baik-baik.

Hindari wi-fi publik sebisa mungkin

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data kartu kredit, akun-akun tertentu bahkan email, sebaiknya hindari penggunaan wi-fi publik jika ingin berbelanja online.

Risiko mengalami kebocoran dan pencurian data saat menggunakan wi-fi publik cukup besar. Sehingga ada baiknya untuk menghindari hal tersebut demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat belanja online.

Nah, itulah sederat tips agar pengalaman berbelanja online Anda tetap aman. Selamat menerapkan. (RED)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

1,048FansSuka
854PengikutMengikuti
31PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles

Bank bjb Cetak Laba Rp1,2 Triliun

BISNISBANTEN.COM -- Berdasarkan ekspose dalam Analyst Meeting Triwulan III 2020, Bank bjb secara konsolidasi berhasil memperoleh laba bersih Rp1,2 triliun selama paruh...

Ini Laporan Kinerja BNI Kuartal 3-2020

BISNISBANTEN.COM -- Di Hingga akhir September 2020, total aset BNI tumbuh 12,5% year on year (yoy) terutama dikontribusi oleh pertumbuhan dana pihak ketiga...

Peduli Lingkungan, Bank Panin KCU Serang Tanam 100 Pohon Mangga

BISNISBANTEN.COM -- Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Bank Panin KCU Serang ikut berpartisipasi dalam sosial penanaman pohon yang berlangsung di Komplek Pesantren...
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

BACA JUGA

Perkokoh Daya Tahan Ekonomi OJK Dukung Kemendes Dirikan Lembaga Keuangan Desa

BISNISBANTEN.COM -- Otoritas Jasa Keuangan mendukung program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Ini untuk mendirikan dan mengembangkan bersama Lembaga Keuangan...

Bank bjb Cetak Laba Rp1,2 Triliun

BISNISBANTEN.COM -- Berdasarkan ekspose dalam Analyst Meeting Triwulan III 2020, Bank bjb secara konsolidasi berhasil memperoleh laba bersih Rp1,2 triliun selama paruh...
- Advertisement -
- Advertisement -