Ekonomi

Srikandi PLN Ajak Catat Meter Mandiri Penggunaan Listrik Lewat PLN Mobile

BISNISBANTEN.COM PLN terus berupaya memberikan kemudahan akses layanan kelistrikan kepada pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Sejak diluncurkan dengan tampilan dan berbagai fitur baru pada akhir tahun 2020 lalu, secara berkesinambungan PLN terus memberikan _update_ fitur dan beragam layanan kepada pelanggan.

Berperan aktif dalam memperkenalkan aplikasi PLN Mobile kepada pelanggan, Desi Ulfa seorang Srikandi PLN yang juga selalu Asisstant Manager Pemasaran PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Teluk Naga, mengungkapkan kemudahan akses layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile.

“Dengan aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengakses informasi dan layanan PLN secara langsung melalui _smartphone_, tidak perlu lagi mengunjungi kantor PLN atau melakukan panggilan telepon. Pelanggan juga dapat menikmati fitur-fitur utama yang sudah ada di PLN Mobile seperti pembelian token, pembayaran tagihan listrik, layanan listrik (pasang baru, ubah daya, dan simulasi biaya permohonan), layanan pengaduan, dan lain sebagainya,” ujar Desi.

Advertisement

Desi menambahkan bahwa melalui PLN Mobile pelanggan juga dapat mengetahui perkiraan pemakaian listriknya setiap bulan dengan memanfaatkan fitur Catat Meter Mandiri (SwaCam) yang tersedia di aplikasi PLN Mobile.

“PLN Mobile memungkinkan pelanggan untuk memantau konsumsi energi listrik pelanggan secara _real-time_. pelanggan dapat melihat seberapa banyak energi yang telah digunakan dalam periode tertentu, membantu pelanggan untuk mengelola penggunaan energi dengan lebih efisien”, jelas Desi.

Desi mengatakan, pelanggan tidak perlu khawatir kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri. Karena, langkah-langkah membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile sangat mudah, berikut tahapannya:

1.Buka aplikasi PLN Mobile

Advertisement

2.Pilih menu Catat Meter

3.Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter

4.Pilih ID Pelanggan

5.Masukan angka stand meter

6.Kirim

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis mengimbau pelanggan untuk dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk langsung memanfaatkan fitur catat meter mandiri mulai dari tanggal 23 sampai dengan 27 setiap bulannya.

“Kepada seluruh pelanggan setia PLN UID Banten dapat memanfaatkan aplikasi mobile sebagai solusi kelistrikan. Salah satu fitur andalan kami adalah SwaCam yang dapat dimanfaatkan untuk dapat mengetahui realisasi penggunaan listrik bulanan secara mudah dan praktis,” pungkas Abdul Mukhlis. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com