Info Bisnis

Soal Bank Banten Bakal Jadi BUMD Provinsi Banten, Ini Menurut Pengamat Ekonomi Makro Untirta

BISNISBANTEN.COM – Bank Banten masih belum sah menjadi BUMD Provinsi Banten. Secara ‘de facto’, Bank Banten memang BUMD Provinsi Banten, tetapi secara ‘de jure’ atau menurut hukum, Bank Banten belum resmi menjadi BUMD Provinsi Banten.

Proses Bank Banten menjadi BUMD Provinsi Banten ini rupanya telah ditunggu oleh banyak pihak, salah satunya oleh pengamat Ekonomi Untirta Sugeng Setyadi.

Pengamat ekonomi makro itu mengaku, akan sangat senang dan bangga jika Bank Banten bisa betul-betul resmi menjadi BUMD.

Advertisement

“Sejujurnya saya enggak ahli di bidang perbankan, saya itu lebih ke makronya atau ekonomi pembangunan. Terkait Bank Banten, secara umum saya terus terang kalau Banten bisa resmi punya bank BUMD sendiri, itu saya sangat senang yah,” ujar Sugeng usai acara ‘Ngobrol Santai Bareng Mitra’ di Hotel Nunia Tamansari, Kota Serang.

Menurutnya, jika Jawa Barat punya Bank Jabar, Jawa Tengah punya Bank Jateng, Jakarta punya Bank DKI, dan provinsi lainnya punya bank daerah sendiri. Maka Banten harus resmi punya Bank Banten sebagai BUMD yang sah.

Meski demikian, ia mendengar bahwa ada hal dan sejumlah masalah yang perlu diperbaiki di Bank Banten.

“Sejujurnya saya tidak paham problematika internal Bank Banten. Tetapi sebagai masyarakat, paling tidak kita harus support lah,” ungkap Sugeng kepada awak media.

Advertisement

Dirinya berharap, Bank Banten bisa segera bertransformasi secara resmi menjadi BUMD Provinsi Banten yang diakui secara ‘de facto’ dan secara ‘de jure’.

“Harapannya tentu, secara de facto kan Bank Banten ini sudah BUMD Provinsi Banten, harapannya secara de jure Bank Banten bisa segera menjadi BUMD Provinsi Banten, ya harapannya kita ingin Bank Banten ini bisa segera sah (secara de facto dan de jure) menjadi milik Banten,” pungkas Dosen Untirta itu. (Haris/Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Jimi

Wartawan di bisnisbanten.com