Info Bisnis

Selain Arus Mudik, Banten Jadi Tempat Wisata Favorit Pemudik

BISNISBANTEN.COM — Selain merupakan perlintasan saat arus mudik, Provinsi Banten juga dijadikan sebagai tempat wisata favorit pemudik terutama yang akan melalui pelabuhan Merak Banten.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Astra Infra Toll Road Indah Permanasari menjelaskan, pada saat momen libur lebaran berbagai destinasi tempat wisata bahari, sejarah, religi, tempat hiburan dan kuliner di Banten banyak diserbu warga. Para wisatawan dari luar daerah tersebut akan sengaja datang ke Banten maupun yang hanya melintasnya.
“Kami memprediksi sebanyak dua juta kendaraan akan melintas di Tol Tangerang – Merak pada arus mudik, balik dan diantaranya adalah para wisatawan, yang rata-rata akan mengarah ke wisata bahari,” katanya, Sabtu (2/6).
Diperkirakan, lanjut Indah, animo wisatawan akan terjadi pada H+2 – H+10 yang biasanya akan terjadi penumpukan di ruas-ruas gerbang tol tertentu.
“Tahun ini, kami perkirakan akan jauh lebih meningkat, dikarenakan moment cuti bersama yang ditambah menjadi 10 hari. Maka dari itu, jika terjadi penumpukan kendaraan di gerbang tol, kami akan lakukan peralihan arus untuk mengurai kepadatan,” ujarnya.
Berbagai persiapan manajemen lalu lintas yang dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam upaya menangani kepadatan arus mudik dan balik serta liburan diantaranya sebagai berikut :
– Jika terjadi antrean di Merak, maka akan dilakukan penampungan kendaraan di jalan Cikuasa sampai pertigaan akses Tol Merak. Transaksi gardu exit Gerbang Tol Merak dihentikan sementara (buka-tutup) dan akan dibuka kembali saat Jalan Cikuasa bisa menampung kembali. Pengguna jalan tol dihimbau untuk istirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 43 dan KM 68 arah Merak, dan kendaraan disortir untuk dialihkan keluar ke Gerbang Cilegon Timur atau Cilegon Barat.
– Jika terjadi antrean ke Cilegon Timur maka akan dilakukan pengalihan sebagian kendaraan ke Gerbang Cilegon Barat.
– Jika terjadi antrean di Gerbang Serang Timur maka akan dilakukan pengalihan sebagian kendaraan ke Gerbang Serang Barat. Bila dalam kondisi diperlukan sistem lawan arus atau contraflow, petugas telah menyiapkan titik rencana contraflow yang diupayakan pengaturan pengalihan arus lalu lintas ke gerbang tol terdekat. (GAG/NUA).

Advertisement
LANJUT BACA