Banten24

Sambut Program Gerakan Smart City, Pemkot Serang Tandatangani Nota Kesepahaman menuju Smart City

BISNISBANTEN.COM — Penandatanganan nota kesepakatan tentang implementasi gerakan menuju kota cerdas atau Smart City telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Kamis, 21 April 2022. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang, gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian PUPR, Bappenas, dan Staf Kepresidenan.

Penandatanganan nota kesepakatan Smart City tersebut juga bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah. Gerakan menuju 100 Smart City oleh pemerintah pusat dilakukan untuk membimbing kabupaten dan kota dalam menyusun masterplan Smart City. Hal ini dilakukan agar pemerintah daerah dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, Smart City merupakan suatu langkah mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan. “Pelayanan kepada masyarakat sangat mudah, berbasis elektronik jadi pelayanan kepada masyarakat sangat mudah, contohnya pembuatan data kependudukan berbasis elektronik, aduan masyarakat berbasis elektronik,” ujar Syafrudin.

Advertisement

Syafrudin juga menyampaikan, Pemkot sudah berupaya menjadikan Kita Serang menuju Smart City. Hal itu dapat terlihat dari mudahnya masyarakat mendapatkan informasi. Selain itu, Pemkot juga menyediakan sejumlah aplikasi untuk melayani masyarakat, seperti aplikasi Reaksi atas Berita Warga (Rabeg). “Aplikasi Internal kegiatan pemerintahan juga sudah ada, pembuatan data kependudukan kini sudah ada,” terangnya.

Sementara itu, Pranata Komputer Ahli Muda, Bidang E-government, Diskominfo Kota Serang Ahmed Beiruni mengatakan, program gerakan menuju Smart City 2022 ini dimulai dari penandatanganan kesepakatan. Selanjutnya akan dilakukan bimbingan teknis untuk membuat masterplan yang akan diterapkan pada awal tahun 2023 mendatang.

Smart City dibangun untuk mempermudah pelayanan publik, seperti layanan kependudukan, layanan perizinan, dan lain sebagainya yang berbasis elektronik untuk menciptakan ekosistem yang saling mendukung dan terintegrasi. “Salah satunya layanan berbasis elektronik yang nantinya memberikan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan publik,” tuturnya.

Advertisement

Untuk sekedar diketahui, Pemkot Serang melalui Diskominfo Kota Serang telah siap menyambut program gerakan menuju Smart City dan akan menargetkan pembuatan masterplan Smart City yang ditargetkan rampung akhir tahun 2022 nanti. (adv)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com