Banten24

RLMT Hotel Berbintang di Banten Pada April 2018 Hanya 1,31 Hari

 

BISNISBANTEN.COM – Rata-rata lama menginap tamu (RLMT) gabungan (asing dan Indonesia), pada hotel berbintang di Banten selama April 2018 tercatat sebesar 1,31 hari, atau turun 0,17 poin dibanding bulan sebelumnya yaitu 1,48 hari. Itulah yang diungkapkan oleh Kepala Badan Pusat Statistik BPS Provinsi Banten Agoes Soebeno.

Agoes menuturkan, dilihat dari asal tamu hotel, penurunan ini utamanya disebabkan oleh RLMT asing, sedangkan RLMT Indonesia yang sedikit mengalami penurunan. Jika dirinci lebih lanjut, menurut klasifikasi hotel, turunnya RLMT gabungan pada hotel berbintang disebabkan oleh turunnya RLMT gabungan pada hampir semua hotel kelas bintang di Banten, kecuali hotel bintang satu yang justru naik 0,06 poin.

Advertisement

“Lebih lanjut, dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, RLMT gabungan juga turun sebesar 0,25 poin, dari sebelumnya mencapai 1,56 hari. Penurunan RLMT gabungan utamanya berasal dari turunnya RLMT pada semua hotel bintang di Banten,” ujar Agoes, Minggu (10/6).

Kepada BPS Provinsi Banten tersebut melanjutkan, perkembangan RLMT gabungan hotel berbintang selama setahun terakhir memperlihatkan kondisi yang masih fluktuatif, turun sebesar 0,17 poin pada April 2018.

Lebih lanjut, kata Agoes, sejalan dengan TPK yang diprediksi mengalami kenaikan, RLMT satu bulan ke depan diperkirakan juga mengalami sedikit kenaikan dengan alasan yang sama atas prediksi kenaikan TPK Mei 2018. (AHR)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA