InspirasiYoungpreneur

Rifki Baedowi Layani dengan Baik, Harus Ramah dan Friendly

BISNISBANTEN.COM — Perihal jual-menjual produk, Rifki Baedowi punya cerita seru. Jadi, Alpha Zetizen Banten 2017 ini, dulu pernah berjualan skincare pas ia duduk di bangku SMA.

“Yang belinya yaaa kalangan perempuan-perempuan syantique nan merawat diri gitu. Pernah juga jualan Tupperware sampe ke tote bag juga dijual. Yang penting dapet cuan buat jajan,” tutur lulusan MAN 1 Kota Serang ini.

Setelah lulus SMA, remaja yang tinggal di

Advertisement

Link.Gowok Sentul RT.07 RW.03, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten ini karena pandemi akhirnya berjualan face shield. Keuntungannya kata Rifki, lumayan lah buat beli pulsa.

“Pernah juga jual ring light, kacamata, sabun, dan akhir-akhir ini kadang ada orderan bikin CV bahkan video undangan gitu,” beber Rifki yang juga menerima panggilan menjadi pemandu acara ini.

Selain beragam keseruan itu, karena di rumah jualan uduk Rifki juga membantu dalam proses pembuatannya loh. Remaja yang saat SMA aktif di Pramuka dan radio sekolah SQS FM ini membantu menyiapkan kursi dan meja subuh-subuh. Sesekali ia ikut melayani juga.

“Sekarang, aku kerja di bidang penjualan juga. Tapi lebih ke proses produksinya sih. Jadi lumayan, dapet ilmu serta pengalaman nya. Mulai dari pembuatannya, teknik penjualan, pemasaran, sampe cara pelayanan juga,” tukas kelahiran Serang, 18 Agustus 2000 ini.

Advertisement

Dengan seabrek aktivitas wirausaha yang Rifki lakoni, ia mengatakan, saat kita berwirausaha, perhatikan pelayanannya. Jika kita melayani dengan baik, lanjut Rifki, pelanggan akan terus berdatangan.

“Jadi harus ramah dan friendly,” kata pehobi pencak silat ini.

Rifki bilang, karena di rumah berjibaku dengan makanan, kerja juga di tempat makan ke depannya ia ingin buka usaha makanan.

“Tempat hangout aja gitu tapi kalau ada peluang lain yaaa kenapa enggak?” kata pemilik akun Instagram @rifki_baeeeee ini

Mwnurut Rifki, intinya, jangan terlalu idealis. Sesekali kperlu oportunis.

“Apa yang bisa jadi uang, yaaa jalankan.

Selama itu halal yaah,” tutup Rifki. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.