FashionLifestyle

Ria Busana, Hadir di Berbagai Daerah dengan Produk Fesyen yang Meriah

BISNISBANTEN.COM – Sejak lama, Ria Busana hadir di Royal, Kota Serang. Keberadaan toko pakaian anak hingga dewasa ini menjadi tempat favorit berbelanja saat musim Lebaran tiba.

Sekadar tahu, Ria Busana merupakan perusahaan ritel fashion berskala nasional yang tersebar dibeberapa kota di Indonesia. Termasuk di Serang, Banten.

Hadir sejak 1995, Ria Busana berdiri dari sebuah toko yang luasnya tidak seberapa luas di lantai dasar Dewi Sartika Bogor.

Advertisement

Oktober1996, toko kedua dibuka di Plaza Bogor yang dikenal RB 02. Pada 1998, beridiri toko ketiga, masih di Dewi Sartika Bogor yang dikenal dengan RB 03.

Saat itu ketiga toko ini hanya kios–kios kecil dan belum berbentuk perusahaan seperti sekarang ini.

Toko Ria Busana di luar Kabupaten Bogor muncul pada 2000 di Cianjur dan Bandung.

Advertisement

Pada 2003, dibangun Victoria Busana di Bandung dan Sukabumi, Cileungsi dan Jatinegara pada 2004. Ini menjawab pertanyaan mengapa keduanya memiliki nama hampir serupa, Ria Busana dan Victoria Busana.

Kini, Ria Busana yang berada di bawah naungan PT Ria Indah Mandiri ini memiliki sekitar 968 karyawan. Pada akhir Desember 2019 sekitar 50 toko tersebar di Indonesia. Dan saat ini sekitar 99 gerai yang sudah dibuka.

Saat tren belanja online terus meningkat dan membuat pemain ritel fesyen mulai berguguran, Ria Busana tetap bertahan. Termasuk di Royal, Kota Serang.

Sebagai perusahaan yang sudah berdiri lebih dari 23 tahun ini justru semakin agresif berbenah untuk menarik pelanggan datang langsung berbelanja ke toko. Perusahaan ritel fesyen yang menyasar kelas menengah bawah ini, gerainya masih ramai dikunjungi pembeli. Mereka masih suka datang ke gerai untuk melihat langsung barang yang ingin dibeli.

Ria Busana menyediakan produk pakaian hingga aksesoris mulai dari untuk bayi, anak, wanita dan pria dewasa. Kenyamanan dalam berbelanja terus dilakukan.

Perubahan konsep toko telah dilakukan di beberapa daerah seperti Yogyakarta, Tasikmalaya, Jakarta, dan Cibinong. Misalnya pada salah satu gerainya di kawasan Cibinong mengusung tema interior monokrom modern yang didominasi warna hitam dan putih.

Konsep baru diharapkan bisa memberikan kesan toko clean, bright dan comportable sehingga bisa memberikan kenyamanan pengunjung saat berbelanja. Tak hanya di Cibinong, gerai di kawasan Jatinegara juga dilakukan perluasan area dari satu lantai menjadi 4 lantai.

Desain interior gerai juga dirancang lebih gaya dan fungsional, sehingga zoning area bisa memudahkan pengunjung dalam mencari kebutuhannya.

Dari sisi produk, pihaknya juga terus mengikuti tren fesyen dengan menghadirkan berbagai model koleksi terbaru. Salah satu private brand yang diluncurkan yaitu “La Femme Alfina” yang diperuntukkan untuk kaum wanita dengan kualitas yang baik, namun harga kompetitif.

Ria Busana di Royal berada di Jalan Juhdi. Tokonya lumayan besar, menyediakan berbagai macam baju untuk anak-anak dan dewasa, laki-laki dan perempuan, baju muslim, baju kerja, kaos dan celana joger, celana chinos, baju luar dalam sampai celana dalam.

Untuk harga, sangat terjangkau. Cocok juga untuk kado baju bayi, batita, atau balita.

Nah, sudah tahu dong tempat belanja untuk siap-siap jelang Ramadan dan Lebaran? (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.