Banten24

Rekrut Juri Profesional, Sayembara Bappedalitbang Cilegon Jaring Arsitek Andal Untuk Menggali Gagasan Desain Koridor Kota

BISNIBANTEN.COM — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang)  menggelar Sayembara dan Penilaian Gagasan Desain Kawasan Kota Cilegon Tahap I dengan melibatkan Juri Profesional dari Ikatan Arsitek Indonesia di Greenhotel Kota Cilegon, Senin (1/4/2024). Melalui sayembara tersebut diharapkan akan diperoleh ide dan gagasan baru tentang desain untuk  Koridor Jalan Pusat Kota dan Jalan Kawasan Merak.

Kepala Bidang (Kabid) Penelitian Pengembangan Bappedalitbang Kota Cilegon Rina Fatwa Aulia mengatakan, Kota Cilegon terus berupaya melakukan pembenahan dan perbaikan di seluruh aspek pembangunan, terutama penataan kota dan wilayah sebagai aspek pendukung perkembangan kota. Atas dasar itu, sayembara digelar dengan tujuan untuk mendapatkan konsep dan desain penataan kawasan koridor jalan kota dan memperoleh desain tematik yang layak. “Kita akan gelar sayembara ini dalam dua tahap, pertama semua panel karya peserta akan dinilai oleh dewan Juri dan dipilih sebagai nominator dan kedua para kandidat terpilih akan mempresentasikan karyanya didepan para dewan juri baru ditentukan pemenang. Kami melibatkan kaum professional dari Pemkot Cilegon dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI),” kata Rina disela kesibukannya, Senin (1/4/2024) malam.

Advertisement

Sementara itu, Dewan Juri Sayembara Gagasan Desain Kawasan Kota, Junita Bahari Nonci mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon yang telah menggelar sayembara. “Sayembara seperti ini adalah untuk pertama kalinya dilaksanakan oleh Pemkot Cilegon. Peserta yang mengikuti sayembara juga sangat antusias. Sudah terjaring sekitar 107 peserta yang mendaftar, dan sekitar 44 peserta yang sudah mengumpulkan karyanya,” kata Junita.

Dijelaskan Junita, tim juri yang bertugas melakukan seleksi adalah arsitek berpengalaman yang tergabung dalam IAI Provinsi Banten. “Kita terdiri dari 5 juri yang punya background masing-masing, dan kita akan bekerja dengan profesional,” jelasnya.

Dalam hal ini, Junita berharap, dengan diterapkannya penjurian yang profesional dan ketat akan terjaring arsitek andal yang bisa mewujudkan wajah Kota Cilegon terlihat Modern, tertata rapih dan memiliki karakter yang dapat menarik perhatian setiap orang. (ADV)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA