Banten24Bisnis Banten

Provinsi Banten Alami Inflasi Sebesar 0,52 Persen pada Juli 2018

BISNISBANTEN.COM – Harga barang-barang atau jasa kebutuhan pokok masyarakat di Banten secara umum mengalami kenaikan pada Juli 2018. Hal ini terlihat dari meningkatnya angka Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 140,74 pada Juni, menjadi 141,47 pada Juli atau terjadi perubahan indeks (inflasi) sebesar 0,52 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Agoes Soebeno mengatakan, enam dari tujuh kelompok pengeluaran mengalami kenaikan indeks, yaitu berturut-turut kelompok bahan makanan yang naik sebesar 1 persen, kelompok kesehatan naik sebesar 1 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga naik sebesar 0,90 persen.

“Sedangkan kelompok sandang naik
sebesar 0,88 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas
dan bahan bakar naik sebesar 0,40 persen, lalu kelompok
makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau yang naik sebesar 0,30 persen. Kemudian kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan mengalami penurunan indeks sebesar -0,13 persen,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima bisnisbanten.com beberapa waktu lalu.

Advertisement

Agoes melanjutkan, komoditas yang dominan menyumbang inflasi pada bulan Juli ini adalah telur ayam ras, daging ayam ras, bensin, obat dengan resep, rekreasi dan tarip pulsa ponsel.

“Laju inflasi tahun kalender tercatat sebesar 2,17 persen, sedangkan inflasi “Year on Year” (IHK Juli 2018 terhadap Juli 2017) tercatat sebesar 3,47 persen,” pungkasnya. (AHR/NUA)

Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA