Olahraga

Prediksi Line Up Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam Malam Ini: Tanpa Jordi Amat dan Elkan Baggott yang Cedera

BISNISBANTEN.COM — Timnas Indonesia akan menghadapi pertandingan penting melawan Vietnam pada matchday 3 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3).

Meskipun berada di posisi terbawah dalam klasemen putaran kedua, langkah Timnas Indonesia menuju Piala Dunia di Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat akan semakin sulit jika mereka gagal meraih kemenangan melawan Vietnam. Meskipun secara keseluruhan Timnas Indonesia memiliki rekor head-to-head yang lebih baik dari Vietnam (9 kemenangan, 11 imbang, 8 kekalahan), namun dalam 12 tahun terakhir, Vietnam telah menunjukkan peningkatan kualitas di Asia Tenggara. Sejak 2012, Indonesia hanya berhasil menang dua kali dari 13 pertemuan (7 imbang, 4 kalah) melawan Vietnam.

Untuk menghadapi Vietnam, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong alias STY, telah memanggil beberapa pemain keturunan atau naturalisasi untuk bergabung dengan skuad Garuda. Pertandingan melawan Vietnam merupakan bagian dari matchday 3 dan 4 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2024 Zona Asia putaran kedua. Setelah melawan Vietnam di SUGBK, Timnas Indonesia akan bertandang ke Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, pada Selasa (26/3) mendatang.

Advertisement

Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam Maret 2024: Thom Haye dan Jay Idzes Starter?

Timnas Indonesia dalam tren positif setelah lolos ke fase knockout Piala Asia untuk pertama kalinya dalam sejarah pada Januari 2024. Salah satu pencapaian tersebut adalah kemenangan 1-0 atas Vietnam, yang juga merupakan kemenangan pertama sejak semifinal Piala AFF 2016.

Meskipun masih tertahan di posisi juru kunci Grup F dengan hanya mengumpulkan 1 poin, Timnas Indonesia optimis bisa bangkit. Absennya sejumlah pemain penting di lini belakang, seperti Jordi Amat dan Elkan Baggott, akan memaksa Shin Tae-yong untuk melakukan beberapa perubahan dalam susunan pemain, terutama di lini pertahanan. Justin Hubner, yang biasanya bermain sebagai gelandang bertahan, kemungkinan akan kembali bermain sebagai bek tengah bersama Rizky Ridho dan Jay Idzes.

Perubahan juga akan terjadi di posisi penjaga gawang, di mana Nadeo Argawinata kemungkinan akan menggantikan Ernando Ari yang cedera.

Sementara itu, Ragnar Oratmangoen mungkin menjadi pilihan menarik untuk segera dimasukkan ke dalam lini serangan. Saat ini, lini serang sering dianggap sebagai salah satu kelemahan Timnas, karena pilihan pemainnya cenderung lebih terbatas dibandingkan dengan lini belakang.

Advertisement

Ragnar, yang bermain untuk tim Eredivisie Belanda, Fortuna Sittard, dapat digunakan di berbagai posisi di lini depan. Namun, belakangan ini, Ragnar lebih sering dimainkan sebagai gelandang serang.

Berikut adalah prediksi susunan pemain Indonesia vs Vietnam:

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Justin Hubner, Jay Idzes; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On; Yakob Sayuri, Rafael Struick, Marselino Ferdinan. Pelatih: Shin Tae-yong.

Advertisement
LANJUT BACA

Rafli Sidik

Saya adalah penulis dengan imajinasi yang lebih liar daripada kucing di tengah malam. Dari kecil, saya sudah terobsesi dengan kata-kata dan sekarang saya menggunakan kecintaan itu untuk menulis kisah-kisah yang menghibur dan menginspirasi.