Banten24

PKBM Darul Ibtida Mulai Menerima Siswa Baru

BISNISBANTEN.COM — Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Darul Ibtida kini hadir di Kota Serang, tepatnya di Lingkungan Wakaf, Kel Tembong, Kec Cipocokjaya. Lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Pena Madani Utama ini mulai menerima siswa baru sekolah kesetaraan paket A, B dan C tahun 2021/2022.

Bahkan saat ini masyarakat yang sudah mendaftar sebanyak 40 orang yang berasal dari Kota Serang maupun luar Kota Serang.
“Kami hadir di tengah masyarakat untuk membantu warga yang ingin sekolah namun terbentur biaya dan waktu. Tapi itu bukan persoalan karena ijazah paket A, B dan C setara dengan SD, SMP dan SMA dan diakui. Banyak yg daftar di sini mereka yg sudah bekerja, tetapi ada juga usia sekolah,” kata Ketua PKBM Darul Ibtida Ajat Sudrajat.

Dikatakan, beberapa hari lalu pihaknya telah melakukan rapat dengan para tutor untuk mempersiapkan pembelajaran tahun ini. Ia juga mengaku bersinergi dengan PKBM lain salah satunya PKBM Insan Mandiri, Taktakan. “Kita saling support. Kita ini sama-sama PKBM yang ingin mengabdikan kepada masyarakat agar bisa bermanfaat. Memang kami baru berdiri namun kami sudah memiliki sarana kelas, gedung, para tutor maupun izin operasional dan NPSN,” ujar Ajat.

Advertisement

Dikatakan, PKBM Darul Ibtida ini berada satu yayasan dengan TKIT DAI yang sudah berjalan lebih dulu. Dalam pendidikan di PKBM, pihaknya mengedepankan pendidikan non formal, life skill maupun keaksaraan.

“Kami juga masih terus berbenah dan terus minta masukan dan saran dari dinas pendidikan maupun instansi lainnya, karena dukungan dari pihak lain merupakan amunisi bagi utk terus maju. Kami juga berpikir bagaimana para tutor ini bisa mengajar dengan baik meski kami belum memiliki anggaran yang memadai,” paparnya.

Ditambahkan, pihaknya berharap kepada siswa PKBM jangan minder dengan siswa formal lainnya, karena ijazah diakui, bahkan siswa PKBM memiliki keunggulan berupa keterampilan yang siap diterapkan di masyarakat. (susi)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com