Info Bisnis

Peserta Annual Meeting IMF-Bank Dunia 2018 Apresiasi Capaian Indonesia

BISNISBANTEN.COM – Para peserta Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 mengapresiasi berbagai pencapaian Indonesia. Dari semangat berbagi, keramahan, dan resiliensi, hingga respons yang baik dalam menghadapi bencana. Demikian mengemuka dalam jumpa pers bersama panitia nasional serta IMF dan Bank Dunia, Minggu (14/10) di Bali.

Hadir dalam jumpa pers, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde, dan Ketua Bank Dunia, Jim Yong Kim. Pujian yang berlimpah disampaikan oleh Christine Lagarde. Menurutnya, capaian yang luar biasa ini telah dimulai sejak 3 tahun  lalu, ketika Indonesia terpilih dari sekian banyak kandidat tuan rumah Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018.

Kenangan yang amat berkesan baginya adalah kunjungan ke Lombok jg, kegiatan penanaman terumbu karang di Nusa Dua, serta pidato Presiden RI yang membuat kagum seluruh dunia. Tak ketinggalan, sambutan yang penuh senyum dari masyarakat Indonesia, yang sangat murah hati dan ramah, tak akan dapat dilupakan.

Advertisement

Tak ketinggalan, Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim, mengekspresikan kekaguman atas bagaimana masyarakat Indonesia mampu merespons bencana dengan sangat baik, sembari tetap melaksanakan kegiatan internasional skala besar dengan tak kalah baiknya. Dengan keadaan dunia saat ini, permasalahan yang utama adalah kurangnya solidaritas.

“Indonesia telah mengingatkan dan memberi inspirasi mengenai pentingnya solidaritas. Tak seorang pun, bahkan yang termiskin, patut dilupakan. Dalam kesempatan yang sama, Bank Dunia berkomitmen untuk mendukung pemulihan area bencana di Lombok dan Sulawesi Tengah,” ujar Jim Yong Kim.

Dari sisi panitia nasional, apresiasi sebesar-besarnya diberikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan pertemuan tahunan. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyatakan, koordinasi yang kuat dalam kepanitiaan telah menjadi kunci sukses pelaksanaan kegiatan.

“Pertermuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 telah mampu menunjukkan Indonesia yang reformed, berdaya tahan, dan progresif. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak, baik panitia, liaison officer, relawan, hingga media massa, yang telah turut mengangkat Indonesia ke tingkat dunia,” pungkas Perry. (AHR/NUA)

Advertisement

 

Penulis : Ahmad Haris

Editor : Nurzahara Amalia

 

Advertisement
LANJUT BACA