Lifestyle

Penyebab Flu Mudah Menular yang Harus Diwaspadai

BISNISBANTEN.COM – Flu atau influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza.

Penyakit ini sangat umum dan dapat menyebar dengan cepat, terutama selama musim flu.

Flu mudah menular karena berbagai faktor seperti penyebaran melalui udara, kontak langsung dan tidak langsung, serta kemampuan virus bertahan di permukaan.

Advertisement

Memahami cara penyebaran flu dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang efektif dapat membantu mengurangi risiko penularan dan melindungi kesehatan diri sendiri dan orang lain. Tetap waspada dan jaga kesehatan, terutama selama musim flu.

Berikut alasan mengapa flu begitu mudah menular.

1. Penyebaran Melalui Udara

Virus influenza terutama menyebar melalui droplet atau tetesan kecil yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau bahkan berbicara. Tetesan ini bisa mengandung virus dan dapat dihirup oleh orang lain yang berada dalam jarak dekat. Karena batuk dan bersin bisa menyebar droplet hingga sejauh 1-2 meter, risiko penularan flu menjadi sangat tinggi, terutama di tempat-tempat ramai seperti sekolah, kantor, dan transportasi umum.

2. Kontak Langsung dan Tidak Langsung

Advertisement

Selain melalui udara, flu juga bisa menyebar melalui kontak langsung dan tidak langsung. Kontak langsung terjadi ketika seseorang menyentuh orang yang terinfeksi, misalnya melalui jabat tangan. Kontak tidak langsung terjadi ketika seseorang menyentuh permukaan atau objek yang terkontaminasi oleh virus, seperti gagang pintu, meja, atau peralatan makan, kemudian menyentuh wajah mereka, terutama hidung atau mulut.

3. Virus yang Tahan di Permukaan

Virus influenza dapat bertahan di permukaan benda selama beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada jenis permukaan dan kondisi lingkungan. Permukaan keras seperti stainless steel atau plastik bisa mempertahankan virus lebih lama dibandingkan dengan permukaan yang lebih lembut. Ini meningkatkan risiko penularan melalui kontak tidak langsung.

4. Masa Inkubasi dan Gejala Asimtomatik

Masa inkubasi flu adalah waktu antara seseorang terinfeksi virus dan mulai menunjukkan gejala, yang biasanya berlangsung antara 1 hingga 4 hari. Namun, orang yang terinfeksi dapat menularkan virus ke orang lain bahkan sebelum mereka menunjukkan gejala. Beberapa orang mungkin juga mengalami gejala ringan atau tidak menunjukkan gejala sama sekali (asimtomatik) tetapi masih bisa menularkan virus ke orang lain.

5. Kekebalan Tubuh yang Bervariasi

Tingkat kekebalan tubuh terhadap virus influenza dapat bervariasi antar individu. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti anak-anak, lansia, atau orang dengan kondisi kesehatan tertentu, lebih rentan terhadap infeksi dan penularan. Vaksin flu membantu meningkatkan kekebalan terhadap strain tertentu dari virus, tetapi tidak selalu 100% efektif karena virus influenza terus bermutasi.

6. Keramaian dan Ruang Tertutup

Flu lebih mudah menyebar di lingkungan yang padat dan ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk. Di tempat-tempat seperti kantor, sekolah, pusat perbelanjaan, dan transportasi umum, orang-orang berada dalam jarak dekat satu sama lain, meningkatkan kemungkinan penularan.(Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA