Keuangan

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 2022, BI Siapkan Rp175,26 Triliun Uang Tunai

BISNISBANTEN.COM — Guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Bank Indonesia (BI) akan  menyiapkan uang tunai sebesar Rp175,26 triliun.

Jumlah uang tunai yang disiapkan BI tersebut mengalami peningkatan sekitar 13,42 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peningkatan tersebut pun dilakukan seiring dengan mobilitas masyarakat dan aktivitas ekonomi yang semakin membaik,” kata
Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman dalam acara Kick Off: Serambi Rupiah Ramadan, Senin (4/4).

Advertisement

Aida mengungkapkan, BI juga  bersinergi dengan perbankan untuk perluasan layanan penukaran uang tahun ini. Rencananya ada 5.300 titik penukaran yaitu 453 titik di Jabodebek dan sisanya 4.560 titik ada di luar wilayah Jabodebek.

Selain itu, BI juga kembali membuka layanan kas keliling untuk penukaran uang tunai. Seperti diketahui, selama dua tahun terakhir, BI tidak membuka layanan kas keliling. Untuk pemesanan tahun ini, masyarakat dapat melakukan melalui aplikasi Pintar.

“Layanan kas keliling ditambah dengan inovasi pemesanan online melalui aplikasi Pintar,” jelas Aida.

Layanan secara daring melalui aplikasi Pintar bertujuan untuk mengurangi risiko kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, juga memberikan kenyamanan dan kemudahan, memberikan juga kepastian baik dari jumlah dan kualitas.

Advertisement

Aida menambahkan, BI juga akan terus melanjutkan program tahunan ekspedisi Rupiah Berdaulat dengan menyediakan kegiatan kas keliling di daerah 3T yakni Terluar, Terpencil, Terdepan di 16 provinsi dan 80 pulau. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com