Mobil

Penasaran Service Mobil Elektrifikasi, Pelajar SMK Kunjungi Tiga Cabang Auto2000 di Bekasi Timur, Bandung Suci, dan Surabaya Kenjeran

BISNISBANTEN.COM — Sebagai bentuk kontribusi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) anak bangsa dalam rangka link & match industri otomotif khususnya, Auto2000 menggelar event bertajuk Auto2000 Student Drive for Change, yang dilaksanakan di tiga Cabang Auto2000 di seluruh Indonesia, mulai dari cabang Auto200 Bekasi Timur, Bandung Suci dan Auto2000 Surabaya Kenjeran.

Total ada tiga SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) yang beruntung terpilih untuk bisa mengikuti program ini, seperti SMKN 1 Bekasi, SMKN 6 Bandung, dan SMKN 5 Surabaya. Jumlah yang hadir dalam event Auto2000 ini mencapai lebih dari 100 peserta. Di Auto2000 Bekasi Timur dan Surabaya Kenjerandiadakan pada 15 Mei 2024, sementara Bandung sendiri baru akan dilaksanakan pada 21 Mei 2024 nanti.

“Kami menyadari Teknologi mobil Toyota yang dipasarkan di Indonesia, mendorong Auto2000 sebagai preferred dealer otomotif di bawah Grup Astra untuk terus meningkatkan kualitas demi melayani AutoFamily, mulai dari proses kepemilikan sampai dengan purna jual atau aftersales service. Tak hanya itu, kami juga ingin berbagi pengetahuan terkait teknologi bru ini kepada siswa SMK yang ke depannya akan masuk dunia kerja,” ujar Nur Imansyah Tara, Marketing Division Head Auto2000, Rabu (15/5/2024).

Advertisement

Para peserta, khususnya yang berasal dari SMKN di masing-masing tiga cabang Auto2000, selain bisa mendapatkan informasi terkait teknologi mobil elektrifikasi plus servicenya, tapi juga melihat langsung demo perbaikan mobil elektrifikasi Toyota. Kemudian peserta juga masuk dalam database penjaringan karyawan baru oleh tim Human Capital Auto2000. Bahkan untuk ‘Best Participant” akan diberikan hadiah menarik.

Kualitas Mekanik yang Bisa Diandalkan

Saat ini ada sederet mobil yang dipasarkan mulai dari ICE (Internal Combustion Engine), HEV (Hybrid Electric Vehicle) seperti di antaranya Toyota Yaris Cross Hybrid, Toyota Innova Zenix Hybrid sampai BEV (Battery Electric Vehicle) yaitu Toyoa bZ4X. Ini tentu memberikan pilihan kepada AutoFamily dalam menentukan teman mobilitas sehari-hari.

Dan untuk mengawal produk-produk tersebut, Auto2000 membekali para teknisi atua mekanik dengan kemampuan (skill) mumpuni. Tentu saja mengikuti standar dari Toyota Motor Jepang. Sehingga layanan yang diberikan, bisa maksimal dan membuat AutoFamily tenang dan nyaman.

Advertisement

Bahkan setiap tahunnya Auto2000 terus mengkalibrasi kemampuan para teknisi melalui ajang Aftersales Best People Contest. Ini merupakan bentuk kompetisi dari teknisi-teknisi Auto2000 di seluruh Indonesia. Pemenangnya akan menjadi perwakilan lomba di antara seluruh teknisi Toyota di Indonesia sampai ke level Toyota Asia Pasifik.

Perawatan di Seluruh Bengkel Auto2000

Melalui jaringan cabang dan bengkel Auto2000 yang luas, AutoFamily tidak perlu ragu karena fasilitas dan teknisi yang mengerjakannya juga sudah berstandar Toyota global. Hasil pengerjaannya dijamin berkualitas dan dilengkapi garansi resmi Auto2000. Selain datang ke bengkel, bisa juga melalui THS – Auto2000 Home Service yang juga bisa dimanfaatkan AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah, lakukan servis berkala mobil hybrid di bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service, serta manfaatkan peluang membawa pulang 1 dari 200 sepeda motor Honda BeAT. Termasuk perbaikan bodi mobil di fasilitas Body & Paint (BP) Auto2000 (minimal transaksi Rp 3 juta untuk transaksi di BP Auto2000).

 

Fasilitas Bengkel Lengkap dan Modern

Fasilitas bengkel Auto2000 sesuai standar Toyota global menggunakan peralatan terbaik saat ini, sehingga dapat menjalankan servis segala jenis kendaraan Toyota, termasuk model elektrifikasi yang butuh penanganan lebih spesifik.

Bengkel Auto2000 memiliki layanan hospitality bagi pengunjung. Meja layanan yang dibuat nyaman dengan petugas Service Advisor ramah dan berpengalaman. Sistem antrean bengkel juga bisa dipantau langsung oleh pelanggan baik melalui aplikasi maupun di TV display bengkel. Untuk pembayaran terdapat pilihan tunai dan non tunai. Tersedia ruang tunggu ber-AC yang nyaman, dilengkapi fasilitas Wifi serta makanan dan minuman.

“Kami mengedepankan layanan bengkel yang terpercaya dan berkualitas kepada customer mulai dari peralatan sampai dengan teknisi, demi mengakomodasi pelayanan untuk mobil-mobil elektrifikasi Toyot yang juga semakin canggih,” ujar Suratman, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Timur.

Aktivitas Auto2000  dalam Pelestarian Lingkungan

Selama ini Auto2000 telah melakukan gerakan pelestarian lingkungan yang dilakukan secara mandiri. Seperti pemasangan solar panel di 45 cabang Auto2000 untuk menghasilkan tenaga listrik sendiri dalam menekan jejak karbon, dan biaya operasional dari penggunaan listrik. Auto2000 juga melakukan penanaman 4.000 bibit pohon mangrove dengan target dapat mengurangi 266,53 ton emisi gas CO2 di tahun 2030.

Auto2000 telah melakukan pengelolaan limbah berbahaya bengkel, baik limbah cair maupun gas, dengan baik dan dipastikan aman bagi lingkungan di sekitar cabang Auto2000. Selain itu, Auto2000 juga membina masyarakat sekitar dealer dengan program Kampung Berseri Astra. Kegiatan yang dilakukan seperti membangun bank sampah, membina kemandirian berwiraswasta, meningkatkan kesehatan keluarga khususnya ibu dan anak, memberikan pelatihan dan pembinaan kepada tenaga pendidik untuk upaya Sekolah Adiwiyata serta membangun sarana pendukung pembelajaran.

Auto2000 juga berhasil meraih sertifikat Green Building EDGE Advanced dari Green Building Council Indonesia, untuk dua cabangnya yaitu di Auto2000 Wahid Hasyim Jakarta menjadi bangunan dealer otomotif pertama di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari EDGE tersebut. Dan kemudian Auto2000 BSD City menjadi gedung cabang Auto2000 kedua yang memperoleh penghargaan tersebut

EDGE adalah singkatan dari Excellence in Design for Greater Efficiencies dari International Finance Corporation (IFC), bagian dari World Bank Group, dengan kriteria dalam hal efisiensi energi, air, dan bahan konstruksi. Green pada Green Building bukan hanya sebatas warna, penghijauan atau tanaman. Green adalah kualitas atau spesifikasi yang terpasang di sebuah bangunan yang telah memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Charging Station Gratis

Tak berhenti sampai situ, dari sisi industri, Auto2000 terus mendukung pertumbuhan populasi mobil listrik, yaitu dengan menyediakan EV Charging Station atau SPKL (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik) khusus mobil Toyota dan Lexus, di dealer Auto2000 seluruh Indonesia.

Per Mei 2024, setidaknya sudah tersedia 31 charging station di wilayah JABODETABEK dan beberapa daerah di Indonesia. Mudah prosesnya. Pemilik mobil listrik Toyota atau Lexus, bisa langsung datang saja ke cabang Auto2000 yang sudah terpasang EV Charging Station, saat baterai mobil listriknya butuh pengisian ulang.

Customer tinggal melaporkan kebutuhannya ke petugas yang ada di cabang, dan akan langsung dibantu pihak cabang untuk pengisiannya. Terpenting adalah tidak dikenakan biaya.

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com