Info Travel

Pelabuhan, Mall, Bioskop Pokoknya Segala Ada di Sosoro Loh!

BISNISBANTEN.COM – Pernah ke Sosoro, Merak, Cilegon, Banten? Meskipun pelabuhan, vibe-nya berasa di bandara ya. Yuk cari tahu.

Terminal ini menyerupai bandara internasional. Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh eksekutif pelabuhan ini adalah desain ruang tunggu yang menyerupai bandara internasional.

Jika pernah mengunjungi Terminal 3 Ultimate di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tidak akan heran saat melihat desain dan fasilitas Terminal Eksekutif Merak Sosoro.

Advertisement

Sosoro yang dalam bahasa Jawa Banten artinya beranda ini menjadi nama yang dipakai untuk dermaga kelas premium di Merak. Kata sosoro juga berasal dari nama bagian utama rumah adat suku Baduy untuk bersantai dan bermusyawarah.

Lokasinya berbeda dengan Pelabuhan Merak tempat biasa kapal roro dan kapal cepat mengantar penumpang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni, Lampung, dan sebaliknya. Dermaga ini mulai dioperasikan untuk menunjang angkutan Natal pada 2018 dan Tahun Baru 2019.

Terminal Eksekutif Merak atau Terminal Eksekutif Sosoro diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Lampung pada 8 Maret 2019. Sejak akhir 2018, para pejalan yang ingin menyeberang dari Merak, Banten ke Bakauheni, Lampung memiliki alternatif pelabuhan untuk menyeberang.

Advertisement

Terminal ini memiliki pintu masuk di sebelah Terminal Terpadu Merak berbeda dengan terminal reguler. Untuk membeli tiket, para penumpang yang berjalan kaki maupun pengguna kendaraan bermotor harus turun sejenak memasuki bangunan terminal menuju lantai dua. Pembelian tiket tidak dapat dilakukan secara tunai melainkan menggunakan e-money.

PT ASDP Indonesia Ferry kini meluncurkan pemesanan tiket secara online melalui aplikasi ferizy untuk mempermudah pembelian tiket dan mengantisipasi penumpukan penumpang di area parkir.

PT ASDP Indonesia Ferry menghadirkan layanan kapal eksekutif yang beroperasi di lintasan Merak-Bakauheni dengan 4 armadanya yakni KMP Sebuku, KMP Batumandi, KMP Portlink, dan KMP Portlink III.

Dermaga eksekutif ini punya fasilitas lebih mulai dari pelayanan di dalam kapal hingga waktu tempuh yang hanya satu jam perjalanan laut dari Merak menuju Bakauheni. Sedangkan, kelas reguler membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan.

Berbeda dengan pelabuhan kebanyakan, di dalam dermaga dilengkapi fasilitas premium mulai dari loket tiket dan fasilitas umum lain seperti berbagai gerai minimarket dan restoran. Tenant-tenant yang ada pun diisi brand ternama seperti Miniso, Solaria, dan Starbucks.

Dermaga yang menempati gedung tiga lantai ini juga dilengkapi mal loh, namanya Sosoro Mall. Di sini juga terdapat playground untuk anak-anak. Bioskop ada di lantai dua. Selain itu konon bakal ada hotel juga. Wih ajib.

Sesuai konsep yang diusung, dermaga eksekutif pelabuhan ini menggunakan sistem dan teknologi mutakhir yang memberikan kenyamanan baru bagi para wisatawan.

Terminal eksekutif dengan konsep smart building modern diharapkan dapat memberikan pengalaman berbeda dan menjadi momen tidak terlupakan bagi setiap pengunjung terminal, baik yang ingin menyeberang atau tidak.

Desain dermaga ini sangat memanjakan para pengguna Instagram. Hampir setiap sudut memiliki spot instagramable. Jangan lupa mengambil foto selfie dengan latar belakang laut dan kapal ferry yang megah untuk membuat feed Instagram semakin menarik! (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.