Syariah

Peduli Lingkungan, Relawan Dompet Dhuafa Tanam Mangrove di Pesisir Banten

Penanaman pohon mangrove bertajuk “Sewu Mangrove Kanggo Teluk Banten” tersebut merupakan aksi nyata dari para relawan dan juga bagian dari komitmen Dompet Dhuafa untuk peduli terhadap lingkungan dan masyarakat pesisir.

BISNISBANTEN.COM – Memperingati Bulan Menanam Nasional serta Hari Relawan Internasional yang jatuh di bulan Desember, Komunitas Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Banten melakukan penanaman pohon mangrove di Desa Linduk, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Minggu (10/12).

Program Manager Dompet Dhuafa Banten Elin Akbar mengatakan, penanaman pohon mangrove bertajuk “Sewu Mangrove Kanggo Teluk Banten” tersebut merupakan aksi nyata dari para relawan dan juga bagian dari komitmen Dompet Dhuafa untuk peduli terhadap lingkungan dan masyarakat pesisir.

Jenis pohon yang ditanam adalah jenis Mangrove Rhizopora. Tanaman tersebut merupakan tanaman khas pesisir yang kini keberadaannya semakin berkurang akibat aktivitas manusia.

Advertisement

Kegiatan ini juga melibatkan pelajar SMK Merdesa, Desa Linduk, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang serta para relawan dari berbagai latar belakang dan daerah.

“Kami ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keseimbangan ekosistem dengan peduli terhadap lingkungan. Karena kondisi yang ada saat ini didominasi oleh tambak ikan yang semakin meluas. Alasan inilah kemudian muncul inisiatif untuk melakukan penanaman pohon mangrove,” kata Elin.

Elin melanjutkan, ada potensi besar untuk pengembangan hutan mangrove yang dipadukan dengan tambak ikan sebagai objek wisata berbasis edukasi lingkungan, meningkatkan zona hijau akibat meluasnya area tambak, serta meningkatkan kulitas air di kawasan pesisir.

Advertisement

Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat aktif dalam aktivitas pelestarian lingkungan. “Dompet Dhuafa terus mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program penghijauan kami baik dengan cara menjadi relawan atau menjadi donatur program sedekah pohon,” pungkasnya. (AHR/NUA)


Penulis : Ahmad Haris
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA