Inspirasi

Nawakara Bagikan 5 Tips Aman Bekerja Saat WFO 100%

BISNISBANTEN.COM —  Kasus harian Covid-19 yang berangsur turun di Indonesia membuat pemerintah mulai melonggarkan kebijakan yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Salah satunya ialah menurunkan level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadi level 1 di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini berdampak pada kegiatan masyarakat yang dapat dilakukan 100% di area publik. Kantor dan pusat perkantoran non esensial merupakan salah satu area yang diperbolehkan melakukan aktivitas secara 100% sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 26 tahun 2022 tentang PPKM di Jawa-Bali. Para pegawai kantor non esensial dapat bekerja seperti biasa dan normal tanpa pembatasan jumlah seperti sebelumnya.

Namun demikian, karena wabah Covid-19 masih ada di sekitar kita, tentunya kita tetap harus waspada dan berhati-hati saat beraktivitas di kantor. Untuk Anda yang ingin aman dan nyaman saat beraktivitas di kantor, Nawakara memberikan beberapa tips ringan yang bisa Anda lakukan ketika bekerja di kantor.

Advertisement
  1. Pastikan kondisi sehat sebelum pergi ke kantor

Badan yang sehat tentunya akan berdampak pada produktifitas saat bekerja. Anda harus memastikan kondisi anda dalam keadaan sehat sebelum berangkat ke kantor. Hal ini untuk menghindari terjadinya penularan virus kepada rekan kerja anda di kantor. Pastikan suhu tubuh anda di bawah 37,30C derajat, tidak demam dan flu, tidak batuk, dan memiliki badan yang bugar ketika berangkat kerja.Tubuh yang sehat akan menunjang kinerja anda saat bekerja dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi rekan kerja anda yang ada di kantor.

2. Pilih alat transportasi yang aman

Bagi anda yang membutuhkan alat transportasi untuk berangkat kerja, pastikan anda memilih moda transporatasi yang aman dan nyaman bagi anda. Jika memungkinkan, gunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke kantor agar anda terhindar dari kerumunan dan kontak fisik langsung dengan orang lain. Jika anda terpaksa menggunakan transportasi umum, pastikan transportasi tersebut tidak ramai dan social distancing tetap terjaga.

3. Selalu waspada saat perjalanan

Advertisement

Ketika di perjalanan saat menuju ke kantor ada baiknya anda selalu waspada, baik saat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Hal ini untuk menghindari potensi terjadinya kecelakaan dan kejahatan jalanan. Gunakan rute terbaik menuju ke kantor yang anda yakini aman dan jangan takut untuk berhenti atau meminta bantuan orang lain ketika anda merasa tidak aman saat perjalanan.

4. Tetap terapkan protokol Kesehatan

Walaupun kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia menunjukan tren penurunan bukan berarti pandemi Covid-19 hilang sama sekali dalam kehidupan kita. Untuk itu, kita harus tetap mematuhi protokol Kesehatan saat beraktivitas di kantor dengan cara memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan lain sebagainya agar kita terhindar dari penularan virus. Pastikan kondisi ruangan kantor kita juga selalu bersih dan dilakukan desinfeksi secara rutin.

5. Pola hidup sehat

Mencegah terkena penyakit tentunya lebih utama dari mengobati. Tubuh kita akan sulit terkena penyakit ketika kita menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Melalui olah raga secara rutin, makan makanan yang bergizi, minum air putih minimal 2 liter setiap hari, dan mengkonsumsi vitamin akan membuat tubuh kita lebih sehat yang tentunya akan menunjang aktivitas kita ketika bekerja di kantor.

“Kondisi aman dan nyaman saat kita pergi dan bekerja di kantor tentunya menjadi harapan kita semua saat ini. Walaupun pandemi covid-19 saat ini jauh lebih terkendali, namun kewaspadaan terhadap penularan virus tersebut harus tetap menjadi perhatian kita bersama. Penerapan protokol Kesehatan harus terus dilakukan walaupun kondisi WFO 100% agar kenyamanan dan keamanan saat bekerja dapat tercipta,” jelas Dino Bimadwinanda Hindarto, Chief Executive Nawakara, Jumat (10/6/2022). (susi)

LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com