LifestyleYoungpreneur

Muhammad Haerladen, Lara Parfume Filosofi Harga Bersaing dan Balance dengan Kualitas

BISNISBANTEN.COM – Sebelum Lara Parfum benar-benar dipasarkan, pada awal Januari 2022 Muhammad Haerladen berusaha mempelajari bagaimana cara membuat parfum supaya awet, wangi, dan pas untuk anak muda.

Nah, saar Februari, remaja yang biasa disapa Aden ini melakukan soft opening. Di momen inilah, mahasiswa Ilmu Komunikasi Untirta ini mencari tahu kualitas parfumnya.

Ia ingin, parfum yang dijual memiliki value di mata orang itu dan gak sembarangan.

Advertisement

“Jadi parfum Lara ini harus bener-bener wangi, favorit buat semuanya, harganya spesial banget karena itu bagian dari koreksi ketika mereka membeli dengan harga yang cukup memadai tapi berkualitas,” tutur Zetizen Icon 2022 itu.

Aden pun mengumpulkan banyak jawaban dari konsumen tentang wangi, packaging, botol, aroma, dan ketahanan. Ini dilakukan pada masa soft opening saat awal Februari sampai Maret.

Setelah mendapatkan semua keluhan dari konsumen, pada awal Maret, Aden coba rombak semuanya. Termasuk packaging yang dinilai kekecilan dan kurang estetik, bibit parfum yang berkualitas, dan lebih awet ketahanannya.

“Di awal April alhamdulilah udah abis 100 botol. Kalau dihitung berarti dalam dua bulan bisa ngabisin 100 botol parfum,” beber remaja yang tinggal di Kota Serang ini.

Advertisement

Untuk harga, Lara parfum sangatlah terjangkau bagi anak muda maupun orangtua. Dengan harga Rp65 ribu, bisa menikmati wangi parfum berukuran 30 ml ini.

Untuk saat ini, ada tiga varian aroma yang dijual. Pertama ada Playdate yang memberikan aroma khas bagi pria. Sehingga cocok digunakan dalam aktivitas sehari-hari.
Aroma playdate ini lebih cenderung ke laki-laki. Wanginya itu seger fresh cocok banget untuk laki-laki anak muda yang suka beraktivitas

“Yang kedua itu ada Sweet Love. Ini dia paling best seller banget di Lara Parfum. Sweet Love ini sering banget sold out di Lara Parfum. Jadi beberapa hari ini Aden sebagai owner kecolongan terus nih sama Sweet Love. Jadi Sweet Love ini bener bener Sebagai owner gak nyangka banget ini Sweet Love best seller banget. Konsumen puas karena aromanya enak, wangi, manis. Memberikan sensasi sensual sekaligus manis pada tubuh. Jadi sweetlove ini lebih cenderung ke perempuan,” papar Aden.

Yang terakhir ada Cuddle. Ini varian terbaru. Insyallah, kata Aden, Lara Parfum setiap bulannya akan menghadirkan aroma dan varian terbaru.

Nah si Cuddle ini unisex, bisa untuk perempuan juga laki-laki, aromanya fresh dan wangi, soft banget. Cocok untuk pria dan wanita yang elegan.

Aden bilang, dari awal Ramadhan rencananya mau buka stand di Kafe Kebon Cau Kota Serang. Pihak Kebon Cau sudah mengizinkan. Namun untuk saat ini Aden lebih fokus ke stock yang akan disediakan dari botol, aroma parfum, dan boks packaging parfum.

“Untuk saat ini kita lagi nunggu barang barang tersedia, jadi kalau mungkin tidak jadi di bulan Ramadhan harus banget setelah Ramadhan. Mudah-mudahan Lara Parfum bisa buka stand saat setelah Lebaran,” harapnya.

Setiap usaha pasti memiliki tantangan. Tantangan terberat menjalankan usaha parfum ini kata Aden, persaingan harga. Banyak banget brand-brand lokal yang menyediakan parfum terbaiknya, sudah punya pasar loyal, dan modal yang besar untuk pemasaran dan produksi.

“Dan modal mereka pun gak tanggung-tanggung. Sistem pemasaran pun memang gak bisa dilakukan dengan sembarangan. Karena pasar parfum itu sulit banget untuk bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Produksi yang reliable harus dibuat endorse di hak yang berpengaruh untuk meningkatkan daya tarik dan kepercayaan publik,” terang Aden.

Aden juga bilang, pastikan harga bersaing dan balance dengan kualitas. Itulah alasan Lara Parfum mengutamakan kualitas.

“Lara Perfumery ini berusaha untuk menjadi yang terbaik dari segi packingan atau kualitas. Lara parfum juga fokus dengan kualitas dan balance dengan harga,” lanjut Aden.

Selain parfum, Aden juga ternyata pegang brand Heyfreak belum lama ini. Heyfreak ini brand lokal baju berdesain anak muda banget, misalnya kayak tengkorak. Aden beranggapan, desain Heyfreak elegan untuk kalangan anak muda. Bahan kaosnya pun sangat tebal dan gak panas di badan.

Wah, semoga lancar terus ya Aden. Mau menjalani usaha parfum atau clothing, semangat terus! (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.