Inspirasi

Muhamad Aghi Gumelar ; Saat Debitur Bahagia, Di Situlah Merasa Sangat Berguna

BISNISBANTEN.COM — Mengawali karir sebagai junior staff, Muhamad Aghi Gumelar saat ini menduduki posisi Account Officer Konsumer. Kelahiran Pandeglang, 17 Agustus 1994 ini bergabung di Bank bjb sejak tujuh tahun lalu, tepatnya Oktober 2014.

Di posisi Aghi yang sekarang, Kang Favorit Banten 2011 ini mengaku, tugasnya cukup banyak tapi fokus di bisnis lending konsumer dan ritel.

“Hal paling berkesan (selama bekerja di Bank bjb-red) saat lihat ekspresi wajah debitur yang terbantu saat membutuhkan dana untuk keperluan pendidikan anak atau lainnya dan saat itu merasa berguna,” tutur pemilik akun Instagram @aghigumelar ini.

Advertisement

Tidak hanya itu, lelaki yang gemar travelling, reading, swimming, dan running ini bilang, jalan-jalan ke pelosok daerah di Pandeglang juga berkesan saat melakukan pemasaran secara door to door. Aghi mengaku, bisa dibilang cukup hapal jalan di pelosok daerah Pandeglang selama menjabat pekerjaan ini.

Tantangan saat ini yang dirasakan Wakil 1 Kaka Pandeglang 2011 ini, yaitu menghadapi bank pesaing yang lebih agresif dan oknum bank yang melakukan persaingan tak sehat. Menurut Aghi, ini cukup mengganggu sebetulnya tapi sudah menjadi konsekuensi bekerja di bisnis ini.

“Justru itu menjadi challange buat kita hadapi,” tutur Aghi yang pernah menjadi wartawan kampus Xpresi Radar Banten ini.

Saat kuliah, Aghi mengambil Jurusan D3 Perpajakan dan meneruskan studi S1 di Unsera. Sekarang ini Aghi tengah studi S2 di Universitas Trisakti melanjutkan program studi Magister Akuntansi.

Advertisement

“Insya Allah gelarnya, M. Ak nanti. Amin. Alasannya lanjut S2 untuk mengembangkan kemampuan diri. Terlebih saat ini semangat belajar masih ada dan gak ada salahnya untuk dilanjutkan belajarnya,” lanjut lelaki yang tinggal di Ciekek Masjid, Pandeglang.

Tak hanya itu, gelar dan ilmu di Magister Akuntansi ini diharapkan mampu menjadi nilai lebih Aghi untuk menghadapi tantangan dalam pekerjaan maupun kehidupan berikutnya. Aghi bilang, juga tidak dipungkiri gelar ini dibutuhkan untuk jenjang jabatan selanjutnya. Oh ya, dengan adanya gelar dan ilmu ini juga Aghi mengharapkan dapat digunakan untuk mengajar sebagai dosen.

Jenjang karir di Bank bjb, ke depannya Aghi ingin menjadi manajer puncak di kantor pusat bank tempat ia bekerja ini atau di tempat lain, juga dapat mengajar sebagai dosen

Menjadi Aghi yang sekarang butuh pengorbanan dan perjuangan. Orang-oang hanya melihat Aghi di posisi sekarang dengan memiliki mobil, rumah, dan kerjaan.

“Wah betul banget, untuk di titik ini banyak waktu dan usaha yang diperjuangkan. Orang lain gak tau bahwa Aghi juga pernah merasa di titik terendah saat gagal masuk beberapa perguruan tinggi negeri dan jurusan yang diinginkan, wah itu ngerasa down banget sebetulnya. Dan untuk bangkit lagi juga butuh perjuangan,” lanjut finalis majalah Aneka Yess 2012 ini.

Tapi kata Aghi, Allah berkehendak lain dan Aghi ternyata harus di jurusan Akuntansi. Pada kenyataannya Aghi sekarang sangat bersyukur.

“Gak hanya itu, orang lain gak tau saat Aghi harus menurunkan ego untuk menuruti keinginan dan gimana caranya me-manage keuangan. Wah itu betul-betul perlu kesabaran dan strugle banget,” jelas Aghi.

Ditanya mengenai mimpi-mimpi yang ingin diraih, pemeran utama film Belalang Cupu-cupu dan Rima The Story of Heart produksi Kremov Pictures ini untuk jangka pendek ini goals-nya ingin memiliki keluarga yang sakinah mawwadah warahmah.

“Ingin menyelaikan renovasi rumah orang tua yang dikit lagi beres ini, ingin menyelesaikan studi S2, dan ingin sukses trading dan investing di saham,” tutup Aghi. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.