Info Travel

Menikmati Birunya Laut dan Snorkeling di Liwungan, Nikmati Akhir Pekanmu!

BISNISBANTEN.COM — Pandeglang, Banten, memiliki banyak pantai indah dan pulau menawan yang recommended untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Liwungan.

Berada di Desa Citeureup Panimbang, Liwungan memiliki luas pulau kurang lebih 25 ha. Di sini bisa buat camping. Tepi pantai dengan ombak landai, bisa dipakai pengunjung untuk berenang. Di sini ada toilet, musola, dan saung-saung untuk duduk-duduk santai atau berteduh.

Untuk menuju pulau yang juga disebut Pulau Haliwungan ini, harus menggunakan perahu yang memuat 10-15 orang. Sekitar 20 menit untuk menuju pulau yak berpenghuni yang masih sangat asri dan eksotis ini.

Advertisement

Sepanjang perjalanan, ada bagan-bagan ikan punya nelayan setempat. Puluhan bagan berbaris rapi. Saat sore tiba, pemandangan nelayan mengangkat jaring, menjadi hal menarik.

Untuk bisa ke lokasi ini, banyak cara yang dilakukan. Kalau tidak mau repot, bisa ikut open trip yang biasa dibuka oleh Teman Jalan Trip. Bisa dicari tahu di akun Instagram @teman.jalan.trip. Selain open trip, bisa juga dibooking untuk pergi rombongan.

Paket yang ditawarkan dari Teman Jalan Trip termasuk kapal, tiket pulau, snorkeling, makan siang, air mineral, dan dokumentasi. Hanya Rp90.000 loh.

Advertisement

Biasanya lokasi meeting pointnya adalah di Panimbang, yakni Kampung Nelayan. Ini adalah lokasi tempat perahu kayu bersandar dan mengantarkan pengunjung ke Pulau Liwungan.

Untuk menuju ke Kampung Nelayan yang merupakan food court berisi kafe dan restoran ini, bisa memakai motor, mobil pribadi, atau angkutan umum melalui Pandeglang.

Kalau berangkat dari arah Serang dan menggunakan angkutan umum, ada Damri atau PS dari Serang ke Cibaliung. Setelah melewati Pasar Panimbang sudah harus siap-siap. Itu artinya Kampung Nelayan sudah dekat.

Agar puas selama di Liwungan, Teman Jalan Trip menjadwalkan menyeberang menuju pulau pukul 10.00 WIB. Sesampai di sana, bisa istirahat, bermain di pantai, atau bisa diisi acara lain.

Setelah salat zuhur dan makan siang, bisa kembali melanjutkan aktivitas bermain di pantai dan foto-foto. Jadwal snorkeling dilakukan pukul 15.00 WIB saat tidak terlalu panas.

“Di sini cuma ada spot snorkeling. Kami menyediakan perlengkapan snorkeling, masing-masing dapat satu alat,” jelas Muhammad Iftikar, pemilik Teman Jalan Trip.

Ikan yang bisa dilihat saat bersenorkel tentu saja ikan-ikan karang. Karena di sini banyak terumbu karang. Cukup banyak. Untuk membuat ikan-ikan itu mendekat, pemilik perahu menebar makanan ikan.

Nah, ikan-ikan yang berkerumun didominasi ikan warna hitam putih seperti garis-garis pada tubuh zebra.

Snorkeling ini durasinya setangah jam sampai satu jam. Setelah selesai, perahu sewaan mengantarkan kembali ke dermaga di Kampung Nelayan. Tentunya setelah memori hape dan kamera penuh dengan momen penuh kebahagiaan.

Bagaimana? Ayo ke Liwungan. (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.