Banten24

Memalukan! Sekelas Dinas Pendidikan Provinsi Banten Beri Pemenang Lomba Baca Puisi dengan Serbet

BISNISBANTEN.COM — Beredarnya kabar salah seorang mahasiswa yang menerima penghargaan tidak pantas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, menuai kritik dari sejumlah penyair di Banten.

Pasalnya, penghargaan yang biasanya identik dengan piala atau piagam, ini malah hanya sebuah serbet (lap dapur) untuk dijadikan sebuah penghargaan dalam ajang lomba membaca puisi.

Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Indonesia Firman Venayaksa mengatakan, kejadian yang sangat disesalkan ini sangat mencoreng dunia sastra dan penyair. Terlebih ilakukan oleh
pihak Dinas Pendidikan.

Advertisement

“Disini pemerintah sendiri yang melakukan hal memalukan, kami sebagai penyair merasa sangat tidak etis sebuah serbet diberikan untuk penghargaan lomba membaca puisi, rasanya tidak punya etika,” kesalnya.

Menurutnya, provinsi yang kini sudah mulai menjajaki berbagai kejuaraan sastra dan penyair di ancah internasional, kini dicoret dengan kejadian nyeleneh semacam ini.

“Banten itu tahun lalu sudah dapat penghargaan penyair se-Asia Tenggara dan ketika sastrawan di Banten mulai membangun gairah penyair , eh malah dikotori dengan kejadian semacam ini,” katanya.

Kendati demikian, pihak Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan (Dindikbud) Provinsi Banten sudah mengklarifikasi akan kejadian memalukan tersebut. “Alhamdulillah ada niat baik dari Dindikbud. Mereka melalui Sekretaris Dinas sudah meminta maaf kepada kami, dan berjanji tidak mengulangi hal serupa,” tutupnya. (GAG/NUA)

Advertisement

Penulis : Wirda Garizahaque
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA