MotorOtomotif

Mau Cek Komponen Motor Sendiri? Bisa Kok, Begini Caranya

BISNISBANTEN.COM — Bagi sebagian orang, sepeda motor merupakan kebutuhan primer yang dipilih masyarakat untuk menunjang mobilitasnya. Misal untuk pergi ke kantor, sekolah atau untuk dipakai kegiatan sehari-hari. Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara tentu menjadi prioritas bagi semua orang.

Sebagai salah satu bentuk tindakan ringan untuk menjaga performa motor kesayanganmu tetap maksimal, perawatan sepeda motor memang sebaiknya dilakukan secara berkala. Sayangnya, kesibukan terkadang membuat kamu tidak sempat membawa motor ke bengkel untuk service berkala. Tapi, kamu bisa cek sendiri beberapa komponen motor ini untuk meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.

Technical Service Divisi PT.Mitra Sendang Kemakmuran Deyuga Kharisma mengatakan, Pengecekan sederhana tersebut beguna untuk meminimalisir trouble yang akan terjadi. Sebagai langkah preventif jika nantinya terjadi trouble meskipun tidak menghentikan trouble itu sendiri, pengecekan tetap penting dilakukan. Sehingga kita bisa #cari_aman untuk menghindari masalah dengan tidak menggunakan motor yang bermasalah untuk berpergian.

Advertisement

Berikut pengecekan sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah :

  1. Sistem Penerangan

Pastikan semua signal indikator lampu menyala, seperti lampu depan, lampu belakang dan lampu sein.

2. Klakson

Pastikan klakson berfungsi dengan baik. Karena jika klakson tidak berfungsi dengan baik dapat membahayakan pengendara ataupun pengguna jalan lain.

Advertisement

3. Sistem Pengereman

Cek sistem pengereman dengan menekan tuas rem, apakah berfungsi dengan normal atau tidak.

4. Kondisi Ban

Cara mudah bagi orang awam mengatahui ban masih layak digunakan atau tidak bisa dilihat dari indikator yaitu tanda segitiga yang ada di ban. Jika tanda segitiga sudah habis, disarankan untuk menggantinya dengan ban baru.

5. Bahan Bakar

Pastikan kondisi bahan bakar melalui indikator speedometer bahan bakar untuk menghindari motor kamu kehabisan bensin diperjalanan.

Meskipun motormu sudah dicek di rumah, guna menjaga performa motor tetap optimal dan juga #cari_aman untuk keselamatan pengendara saat menggunakan sepeda motor, disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi AHASS terdekat.

Mekanik AHASS siap membantu menjaga performa sepeda motor Honda tetap prima. Jangan khawatir karena lama menunggu antrian, kamu bisa booking service melalui aplikasi MOSKI untuk menghemat waktumu. Download aplikasi MOSKI di App store atau playstore dan nikmati semua kemudahan layanan dalam satu sentuhan. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com