Banten24

Masuk Tahap Lelang, SMPN 14 dan SMPN 15 Dibangun Tahun Ini

BISNISBANTEN.COM – Salah satu program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon adalah pembangunan empat SMP Negeri, yakni SMPN 12 di Kecamatan Purwakarta, SMPN 13 di Kecamatan Jombang, SMPN 14 di Kecamatan Citangkil dan SMPN 15 di Kecamatan Grogol.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon Heni Anita Susila mengatakan bahwa saat ini dari empat SMP Negeri yang dibentuk, baru dua SMP yang sudah dibangun, yakni SMPN 12 dan SMPN 13.

“Sekarang pembangunan SMPN 14 dan SMPN 15 lagi proses lelang. Mohon doa dan dukungannya Insya Allah rencana tahun ini kita bangun,” kata Heni, Selasa, (9/7/2024).

Advertisement

Menurutnya, alokasi anggaran yang sudah disiapkan untuk pembangunan SMPN 14 dan SMPN 15 kurang lebih sebesar Rp7 miliar. Setelah proses lelang, kata Heni, konstruksi fisiknya akan langsung dibangun sehingga diharapkan pada akhir tahun ini selesai.

“Intinya mohon doanya saja kepada masyarakat supaya pelaksanaan pengadaan barang dan jasanya berjalan lancar sehingga pembangunan juga lancar dan pada tahun ajaran baru mendatang bisa ditempati gedung baru untuk SMPN 14 dan SMPN 15 ini,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian menekankan agar Dindikbud Kota Cilegon fokus membangun SMPN 14 dan SMPN 15 sehingga pada akhir tahun ini kedua sekolah tersebut dapat ditempati para siswanya. “Saya minta Dindikbud agar tahun ini SMPN 14 dan SMPN 15 wajib jadi,” tegasnya.

Dikatakan Helldy, keberhasilan memimipjn sebuah daerah yang terpenting bukan hanya soal infrastruktur tapi juga memperhatikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Advertisement

“Alhamdulillah IPM Kota Cilegon sekarang meningkat menjadi 78,24 pada tahun 2023 dan capaian ini lebih besar dari Provinsi Banten 75,77 dan nasional 74,39. Ini tentu saja berkat kebijakan kami yang konsen ke pendidikan sebagai salah satu unsur penting dalam peningkatan IPM,” katanya. (dik)

Advertisement
LANJUT BACA

Muhammad Siddik

Wartawan bisnisbanten.com