Banten24

Lotte Chemical Indonesia Cilegon Gelar Ground Breaking Ceremony

BISNISBANTEN.COM – PT Lotte Chemical Indonesia di Cilegon Banten menggelar acara ground breaking ceremony, alias seremoni peletakan batu pertama pembangunan pabrik petrokimia yang terintegrasi, pada Jumat (7/12).

Seremoni ini dihadiri oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Chairman Lotte Group Shin Dong Bin, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang Beom, Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi, Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi, dan sejumlah pejabat pemerintah pusat dan daerah lainnya.

Ground breaking ceremony ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Namun karena berhalangan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang akhirnya menghadiri peletakan batu pertama tersebut.

Advertisement

Menurut Airlangga, Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk mendorong industri petrokimia, sehingga seluruh persoalan yang menghambat investasi ini telah diselesaikan sebelum groundbreaking. Proses investasi ini telah dibahas selama 2 tahun dan diperkirakan rampung pada 2023.

“Investasi ini penting karena selain mengurangi defisit neraca perdagangan, juga dapat menghemat devisa. Potensi revenue dari fasilitas ini US$2,5 miliar,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Fasilitas terintegrasi ini, kata Airlangga, juga akan memperdalam struktur industri petrokimia dalam negeri serta mengurangi impor. Investasi yang ditanamkan Lotte Chemical Indonesia senilai US$3,5 miliar atau sekitar Rp53 triliun. (AHR)

 

Advertisement

Penulis : Ahmad Haris

Editor : Nurzahra Amalia

Advertisement
LANJUT BACA